October 21, 2020

Ada Covid-19, Pefindo Turunkan Peringkat Panorama Sentrawisata (PANR) Jadi “idBBB-“

Pefindo menurunkan peringkat PT Panorama Sentrawisata dan Medium-Term Notes. (Foto: Instagram @panorama-sentrawisata.com)


Businesstoday.id, Jakarta – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) dan Medium-Term Notes (MTN) II Tahun 2018 Seri B menjadi “idBBB-” dari “idBBB+”

Pefindo dalam rilisnya Senin (13/4/2020) menjelaskan, penurunan peringkat mencerminkan pandangan kami terhadap EBITDA dan FFO Perusahaan akan melemah di 2020 yang disebabkan oleh risiko sistematik Coronavirus Disease (COVID-19).

Kejadian yang menyebabkan kebijakan social distancing dan lock down hampir di seluruh negara sejak kuartal pertama 2020, sangat mempengaruhi sektor pariwisata. Pefindo melihat bahwa kejadian ini berdampak negatif terhadap pendapatan dan arus kas PANR dalam waktu dekat.

Pefindo mengekspektasikan pendapatan PANR akan turun signifikan di 2020 karena sebagian besar pemesanan perjalanan yang sudah dipesan, dibatalkan sejak Februari 2020 dan Perusahaan tidak memiliki pemesanan baru untuk beberapa bulan kedepan. Meskipun rencana manajemen untuk menurunkan biaya Perusahaan, kami melihat bahwa penurunan signifikan pendapatan dapat berdampak buruk terhadap kualitas kredit Perusahaan.

Pefindo juga mempertahankan outlook peringkat Perusahaan pada “negatif” untuk mengantisipasi EBITDA dan FFO Perusahaan yang lebih rendah dari ekspektasi, karena kejadian COVID-19 yang lebih panjang dari ekspektasi. (emi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.