Agar UMKM Rambah Pasar Internasional, Ini Langkah Kemendag

Plt Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan. (Foto : Instagram @djpen.kemendag)


Bisnispost.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan terus mendorong UMKM agar dapat merambah pasar internasional. Mengingat, kontribusi UMKM terhadap perekonomian dalam negeri yang cukup besar. Salah satunya dengan pendampingan serta menyediakan katalog produk layak ekspor.

“Kita punya program, yaitu namanya export coaching program, yang dalam hal ini programnya ada di kelas, ada pendampingan di lokasi dan juga keseluruhan proses ini akan menghasilkan pelaku eksport baru,” beber Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Kasan dalam webinar MarkPlus Government Roundtable Series 5 : UKM Digital – Masa Depan Keberlanjutan Ekspor Indonesia, Senin (29/6/2020).

Sejak dimulai pada 2010 lalu, program ini setidaknya sudah menghasilkan 735 alumni dengan 149 eksportir baru.

Selain itu, Kasan juga menyebutkan InaExport.id yang merupakan layanan satu atap untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memperoleh informasi perdagangan ekspor.

Melalui InaExport.id ini, pelaku usaha yang terdaftar sebagai anggota dapat mengakses berbagai layanan, antara lain produk katalog, di mana melalui layanan ini akan dipromosikan produk-produk unggulan melalui katalog produk InaExpert.

“Selanjutnya ada layanan inquiry atau buyer request, yang mengandung informasi inquiry maupun buyer request langsung dari buyer asing yang tertarik atau mencari produk yang sesuai dengan produk yang dimiliki,” papar Kasan.

Ketiga ada event dan training yang memberikan informasi jadwal pameran dan pelatihan ekspor. terakhir research corner, berisi informasi peluang pasar produk tertentu di suatu negara yang disusun oleh perwakilan perdagangan di luar negeri (Atdag dan ITPC). (inf)


WhatsApp chat