November 26, 2020

Angkasa Pura II Digitalisasi Pemeriksaan Dokumen Penumpang Domestik

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (persero), Muhammad Awaluddin. (Foto : Instagram @ptangkasapura2)


Bisnispost.com, Jakarta – PT Angkasa Pura/AP II (perseo) akan memberlakukan pemeriksaan dokumen secara digital bagi calon penumpang pesawat rute domestik di tengah pandemi Covid-19.

Menyusul hal tersebut, pada Minggu 31 Mei 2020, telah dilakukan simulasi pemeriksaan secara digital terhadap dokumen calon penumpang pesawat.

“Proses saat ini adalah calon penumpang membawa seluruh berkas dokumen untuk diperiksa di bandara. Ke depannya akan dilakukan pemeriksaan secara digital,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (persero), Muhammad Awaluddin, Senin (1/6/2020).

Dengan pemeriksaan digital, lanjut Awaluddin, calon penumpang rute domestik bisa mengunggah dokumen yang harus dipenuhi ke aplikasi Travel Declaration (Travelation), dan apabila disetujui maka calon penumpang akan mendapat sertifikat digital pre-clearance yang bisa dibuka di gadget untuk kemudian dilakukan pemeriksaan di bandara.

“Melalui digitalisasi, proses menjadi lebih ringkas namun tetap ketat, dan memastikan terwujudnya ketentuan menjaga jarak fisik (physical distancing),” ujar Awaluddin.

Awaluddin menambahkan bahwa simulasi kembali dilakukan pada hari ini, Senin 1 Juni 2020 hingga proses berjalan sempurna untuk kemudian masuk tahap uji coba dan selanjutnya pelaksanaan. (pub) #mediamelawancovid19