October 30, 2020

Artha Graha Peduli Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Founder AGP, Tomy Winata. (Foto : Instagram @millielukito7)


Businesstoday.id, Jakarta – Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) tergerak membantu percepatan penanganan virus korona (covid-19) di Indonesia. Yayasan tersebut mendirikan rumah sakit lapangan (Rumkitlap) di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Founder AGP Tomy Winata menjelaskan, rumkitlap didirikan sebagai upaya membantu pemerintah untuk mendeteksi dini laju penyebaran virus korona. Salah satunya dengan menyediakan rapid test bagi masyarakat.

“Kita sampaikan bahwa rumkitlap AGP untuk karyawan, member AGP yang mencapai 800 ribu. Kami kasih porsinya juga 30 persen, kita juga memberikan kesempatan kepada mereka yang kolegial dan sahabat-sahabat kami di luar AGP. Tapi persentase ini bisa berubah lalu jika tiba-tiba ada juga orang lain di luar juga pingin ikut,” kata Tomy kepada Media Group News di lokasi, Rabu (1/3/2020).

Rumkitlap AGP menyediakan 300 rapid test setiap harinya. Angka tersebut diharapkan mengurangi beban pemerintah melayani tes cepat korona pada masyarakat.

“Minimal 1 hari 300 orang itu tidak membebani Pemerintah, jadi masyarakat kami fasilitasi,” ujar Tomy.

AGP membuka ruang kepada mereka yang ingin melaksanakan rapid test. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui Sekretariat Rumkitlap AGP.

Fasilitas rumkitlap

Rumkitlap AGP terdiri dari empat tenda yang didirikan di sebuah lahan kosong. Satu tenda untuk ruang tunggu pendaftaran, serta satu tenda untuk pengecekan riwayat penyakit dan pengecekan suhu.

Dua tenda didirikan untuk pengecekan rapid test lebih lanjut seperti pengambilan sampel darah. Selain itu terdapat ruang untuk isolasi yang hingga kini masih dalam tahap penyempurnaan.

Saat memasuki area rumkitlap AGP penanganan ekstra dilakukan, seperti menunggu antrian dengan jarak tidak kurang dari satu meter. Masyarakat wajib memakai masker, disemprot disinfektan secara menyeluruh dan menggunakan hand sanitizer.

Mulai dari pintu gerbang masyarakat sudah dilayani petugas. Di setiap sudut, petugas akan menyampaikan imbauan terkait pembatasan yang akan dilakukan selama rapid test. Tenaga medis yang bertugas pun memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. (med) #mediamelawancovid19


Leave a Reply

Your email address will not be published.