November 29, 2020

Beberapa Pendekatan Praktis untuk Covid-19 yang Dapat Kita Jalankan

Mengenakan masker untuk waktu yang lama mengganggu pernapasan dan kadar oksigen. (Foto : Instagram @pixabay)


Bisnispost.com, Jakarta1. Kita mungkin harus hidup dengan C19 selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.Jangan menyangkal atau menjadi panik. Jangan membuat hidup kita tidak berguna. Mari belajar hidup dengan kenyataan ini.

2. Anda tidak dapat menghancurkan virus C19 yang telah menembus dinding sel, minum bergalon2 air panas – Anda hanya akan mondar-mandir ke kamar mandi lebih sering.

3. Mencuci tangan dan menjaga jarak fisik enam kaki (1.5 m) adalah metode terbaik untuk perlindungan Anda.

4. Jika Anda tidak memiliki pasien C19 di rumah, tidak perlu mendisinfeksi permukaan peralatan (meja dll) di rumah Anda.

5. Kargo dikemas, pompa bensin, kereta belanja dan ATM tidak menyebabkan penularan.
Cuci tangan Anda, jalani hidup Anda seperti biasa.

6. C19 bukan infeksi makanan. Tidak ada bukti bahwa C19 beresiko ditularkan dengan pemesanan makanan dari luar.

7. Anda bisa kehilangan indra penciuman dengan banyak alergi dan infeksi virus. Ini hanya gejala non-spesifik C19.

8. Begitu tiba di rumah, Anda tidak perlu mengganti pakaian dengan segera dan mandi! Kebersihan adalah suatu kebajikan, tidak paranoia!

9. Virus C19 tidak berdiam melayang2 di udara. Ini adalah infeksi tetesan pernapasan yang memerlukan kontak secara langsung.

10. Hiruplah udara bersih, Anda bisa berjalan melalui taman (hanya jagalah jarak sosial fisik Anda).

11. Cukup menggunakan sabun normal terhadap C19, tidak harus sabun antibakteri … Ini adalah virus, bukan bakteri.

12. Anda tidak perlu khawatir tentang pesanan makanan dari luar Anda. Tapi Anda bisa memanaskan semuanya dalam microwave, jika mau.

13. Kemungkinan membawa pulang C19 dengan sepatu Anda sama seperti disambar petir dua kali dalam sehari.

14. Anda tidak dapat dilindungi dari virus dengan mengonsumsi cuka, jus tebu dan jahe!

15. Mengenakan masker untuk waktu yang lama mengganggu pernapasan dan kadar oksigen Anda. Pakailah masker hanya di tempat umum.

16. Mengenakan sarung tangan juga merupakan ide yang buruk; virus dapat terakumulasi ke dalam sarung tangan dan mudah ditularkan jika Anda menyentuh wajah Anda. Lebih baik cuci tangan saja secara teratur.

17. Kekebalan tubuh sangat lemah dengan selalu tinggal di lingkungan yang steril. Bahkan jika Anda makan makanan penambah imunitas, silakan keluar rumah secara teratur ke taman atau pantai mana pun.

Kekebalan ditingkatkan oleh PAPARAN TERHADAP PATOGEN, bukan dengan duduk manis di rumah dan mengkonsumsi makanan yang digoreng / pedas / manis dan minum ber-aerasi. (Oleh : Dr. Michael Darmadi, Internist & pediatrician, Medical Director for Fayette County Health Department, USA)