November 24, 2020

Beli Saham di Bursa Rugi, Investor Gugat Pool Advista Indonesia (POOL) ke PKPU

Sidang pertama PKPU dilaksanakan di pengadilan niaga sesuai dengan gugatan investor. (Foto : Instagram @bursaefekjakarta)


Bisnispost.com, Jakarta – Pool Advista Indonesia Tbk (POOL) menyatakan pihaknya telah digugat oleh investor yang merasa dirugikan setelah membeli saham perusahaan. Investor pun menggugat POOL dan meminta Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di pengadilan niaga.

Marhaendra Direktur PT Pool Advista Indonesia Tbk (POOL) dalam keterbukaan informasi BEI Kamis (14/5/2020) menjelaskan, bahwa perseroan tidak pernah mengenal, tidak memiliki hubungan dalam bentuk apapun dan tidak pernah terlibat sebagai pihak dalam transaksi pembelian saham yang dilakukan penggugat di bursa.

Dijelaskan, dalam kurun waktu bulan Juni – September 2019 beberapa investor (menurut pengakuannya sendiri) melakukan beberapa kali pembelian saham POOL di bursa dengan range harga antara Rp1.700 – Rp. 2.800. Setelah harga saham POOL turun menjadi Rp. 50, para investor ini meminta POOL untuk membeli kembali sahamnya dengan harga belinya semula.

POOL tentu saja menolak. Setelah ditolak, investor mengirim 3 kali somasi dengan permintaan yang sama yaitu meminta POOL membeli kembali sahamnya dengan harga belinya semula.

Karena POOL tetap menolak, investor kemudian menggugat POOL dan meminta PKPU ke pengadilan niaga dengan alasan bahwa karna POOL tidak bersedia melakukan pembelian kembali saham milik investor maka POOL dianggap telah berhutang kepada investor dan telah gagal membayar hutangnya.

Ditambahkan Mahendra, pada, 13 Mei 2020, sidang pertama PKPU dilaksanakan di pengadilan niaga sesuai dengan gugatan investor. POOL telah menunjuk lawyer untuk mewakilinya. ” Kami akan melaporkan hasil sidangnya kepada Bursa setelah diupdate oleh lawyer yang
kami tunjuk, ujar Mahendra.

Menurut Mahendra, gugatan ini sudah pasti merusak citra dan nama baik perusahaan. Namun perseroan belum dapat memprediksi dampaknya terhadap kegiatan usaha perseroan. Sedangkan perseroan telah menunjuk lawyer Roy & Co, Attorney and Counselor at Law untuk mewakili perseroan di persidangan. (mit)