October 30, 2020

Bos Ciputra Terseret-seret Kasus Dugaan Suap Bupati Sidoarjo, Begini Ceritanya

Direktur PT Ciputra Development, Sutoto Yakobus saat jalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. (Foto : Instagram @official.kpk)


Businesstoday.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur PT Ciputra Development, Sutoto Yakobus dalam kasus dugaan suap terkait pengaadaan proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.

Sutoto bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka Bupati nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah.

“Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk penyidikan tersangka SFI (Saiful Ilah),” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (16/4/2020).

Selain Sutoto Yakobus, penyidik juga memanggil satu saksi lainnya yakni, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Solahudin. Ia juga akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Saiful Ilah.

Belum diketahui apa yang akan digali penyidik lembaga antirasuah terhadap dua saksi tersebut. KPK disinyalir sedang mengumpulkan bukti tambahan keterangan saksi untuk mengusut kasus ini.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan enam orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dengan pengurusan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Keenamnya yakni, Bupati non-aktif Sidoarjo, Saiful Ilah; Kadis PU BMSDA Kabupaten Sidoarjo, Sunarti Setyaningsih; PPK Dinas PU BMSDA Sidoarjo, Judi Tetrahastoto; Kabag ULP, Sanadjihitu Sangadji; dan dua pihak swasta, Ibnu Ghopur serta Totok Sumedi.

Saiful, Sunarti, Judi, dan Sanadjihitu diduga telah menerima uang suap dari Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi. Suap itu berkaitan dengan pengurusan empat proyek di Dinas PUPR dalam rentang waktu Agustus – September 2019. (mer)


Leave a Reply

Your email address will not be published.