October 20, 2020

Buyback Saham, Lippo Karawaci Siapkan Dana Rp 75 miliar

CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), John Riady. (Foto : Instagram @johnriady)


Businesstoday.id, Jakarta – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menyiapkan dana sebesar Rp75 miliar untuk melakukan pembelian kembali (buyback) sahamnya. Rencananya, jumlah saham yang akan dibeli kembali adalah sebesar maksimal Rp75 miliar dari modal ditempatkan dan disetor penuh perusahaan atau setara 572 juta saham.

CEO LPKR, John Riady, menyampaikan, aksi buyback akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan sesuai kebijakan perusahaan. Buyback saham dilakukan mempertimbangkan harga saham yang menarik dan menjadi tepat guna dalam memanfaatkan kas perusahaan.

“LPKR terus optimis dengan kinerja perusahaan mengingat kuatnya fundamental, khususnya mengingat persentase besar dari pendapatan berasal dari recurring income dan didukung RS Siloam,” ujar John.

Menurut John, aksi korporasi berupa buyback saham merupakan upaya manajemen menjaga stabilitas laba per saham mengingat kondisi makro ekonomi dan fluktuasi harga saham di Indonesia. Serta respons perseroan atas relaksasi yang diberikan otoritas jasa keuangan (OJK) menyikapi tekanan yang signifikan yang dialami oleh indeks harga saham gabungan (IHSG).

John menambahkan, Lippo Karawaci mendukung rencana ekonomi pemerintah untuk menstabilkan perekonomian domestik di saat-saat terdapat tekanan yang besar dan tidak terduga seperti saat ini. Menurutnya, aksi korporasi ini akan menggunakan kas internal perusahaan dan tidak akan memengaruhi kondisi keuangan LPKR.

“Saat ini LPKR memiliki modal kerja dan cashflow yang kuat untuk membiayai seluruh kegiatan usaha perseroan. Lebih lanjut, posisi net debt to equity ratio LPKR juga berada dalam posisi yang kuat di tingkat 21%, terbaik di antara para pesaing,” jelas John. (war)


Leave a Reply

Your email address will not be published.