October 20, 2020

Startup Logistik Ini Disuntik Modal Baru dari Coca Cola Indonesia


Businesstoday.id, Jakarta – Startup logistik Indonesia, Kargo Technologies menerima investasi strategis dari lengan modal ventura dari perusahaan Coca-Cola Amatil Indonesia, Amatil X.

Pendanaan tersebut bertujuan mendigitalkan dan mengoptimalkan rantai pasokan Indonesia dari perusahaan minuman ringan itu.

“Kargo Technologies merupakan investasi awal pertama kami di Indonesia, kami senang dapat bermitra dengan mereka untuk meningkatkan kemampuan logistik secara keseluruhan,” kata Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia, Kadir Gunduz, dikutip dari KrAsia, Senin (30/3/2020).

Sementara itu, Kargo akan membangun infrastruktur digital untuk mengifisiensi sistem logistik Indonesia. Biaya logistik berjalan di Indonesia berjumlah 16% dari PDB Indonesia, sekitar US$40 miliar per tahun.

CEO Kargo Technologies, Tiger Fang berujar, “industri itu sangat terfragmentasi dengan tujuh juta truk beroperasi di 17 ribu pulau.”

Kargo sendiri menghubungkan pengemudi truknya dengan pengirim komersial lewat situs dan aplikasinya. Pengirim, pengangkut, dan pengemudi truk dapat melakukan transaksi, dan melacak pengiriman secara langsung (real time).

Startup itu sudah memenuhi dua rute transportasi darat Coca-Cola Amatil. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat seiring dengan bertumbuhnya jaringan Kargo.

Sayangnya, jumlah suntikan modal yang disuntikkan itu tidak diungkapkan.

Yang jelas, pendanaan itu terjadi setahun setelah Kargo menghimpun US$7,6 juta dalam putaran pendanaan awal yang dipimpin oleh Sequoia India. Co-Founder Uber dan mantan CEO 10100 Fund, Travis Kalanick juga berpartisipasi dalam putaran itu. (kon)


Leave a Reply

Your email address will not be published.