Gandeng Menkop agar UMKM Naik Kelas, Apa Kehebatan Bisnis Putra Bungsu Jokowi?


Bisnispost.com, Jakarta – Sukses menjalani berbagai bisnis, tak lantas membuat putra bungsu Presiden RI, Kaesang Pangarep berbangga hati.

Pria berusia 24 tahun ini justru membuat rencana besar untuk memunculkan banyak lapangan kerja baru khususnya para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sebentar lagi bisa terealisasi.

Melalui perusahaannya, yaitu PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT), dia  diminta bantuan pemerintah untuk menaikkan kelas UMKM di Tanah Air.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi langkah Hebat dalam rangka mendorong UMKM naik kelas. Menurutnya program-program yang dikerjakan oleh Hebat, sejalan dan sevisi dengan program pemerintah.

“Kolaborasi ini penting karena pemerintah tidak bisa kerja sendiri untuk menaikkkan kelas UMKM. Kita harus berpartner karena ada lebih dari 63 juta pelaku UMKM yang perlu diurus pemerintah,” kata Teten, di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Melalui keterangan tertulis, Teten menambahkan, untuk itu butuh kerjasama dengan banyak pihak yang memang punya visi misi yang sama dengan kita.

PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT)

PT Harapan Bangsa Kita menjadi  akselerator yang berfokus pada UMKM, Kaesang berharap dapat mendorong UMKM agar naik kelas dan menaikkan devisa negara.

“Ya HEBAT ini sebagai akselerator yang berfokus pada UMKM dari 0 ke titik 100. Dengan HEBAT kita bisa memunculkan banyak lapangan kerja baru serta nilai ekonomi yang besar bahkan juga devisa,” ujar Kaesang Pangarep kepada saat acara Media Gathering Hebat di Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2019).

Dia menuturkan bahwa HEBAT juga menggandeng akselerator GK-Plug n Play yang menjadi kawah candradimuka bagi UMKM hingga mereka mapan secara permodalan dan hadir di dunia maya atau bertransformasi dari offline menjadi online.

Tidak hanya sekedar memberi modal, HEBAT juga memberikan pelatihan bagi para UMKM dan strategi penjualan agar memiliki daya saing.

Dana Rp 1,M untuk UMKM

“PT Hebat support dana. Kita kedepan dari pernyataan Mas Kaesang akan support US$100 ribu buat para UMKM beruntung,” ucap CMO PT Hebat, Ansari Kadir di The Breeze, BSD City, Tangerang, Minggu, (1/3/2020)

Namun, UMKM yang akan dibiayai tentunya harus melewati seleksi dan kriteria tertentu. Salah satunya ialah aktif dan turut serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Hebat.

HEBAT juga akan gelontorkan dana sejumlah US$ 100 ribu atau setara Rp 1,4 miliar, untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

“Kita ajak mereka untuk join di activity kita supaya ada penjurian nantinya,” ungkapnya, seperti dikutip Indozone.id.

Salah satu event yang digelarnya ialah acara kreatif seperti ‘Hebat Urban Community’ bertajuk ‘Brand Lokal Lebih Baik’ yang berlangsung di The Breeze, BSD City, Tangerang pada 29 Februari hingga 1 Maret 2020.

Berbagai Bisnis HEBAT

Untuk saat ini, HEBAT telah membawahi beberapa bisnis kuliner, seperti Sang Pisang, Ternak Kopi, Markobar, Yang Ayam dan sekolah coding Enigma.

“Untuk mendorong perekonomian nasional mereka mesti segera naik kelas HEBAT coba membantu, ibarat kelas akselerasi,” papar Kaesang sebagaimana dikutip CNBC Indonesia.

HEBAT juga membawahi beberapa bisnis kuliner, diantaranya Sang Pisang, Ternakopi, Markobar, Yang Ayam, dan sekolah coding Enigma.

Sang Pisang yang berdiri tahun 2017, hingga pengujung 2019 telah hadir di 32 kota melalui 84 gerai.

Sedangkan Ternakopi yang baru memasuki bulan ke-8 beroperasi, telah membuka 30 gerai se-Jabodetabek, dan pada 29 November nanti akan meluncurkan produk seri-3 nya. (*/bud)


1 thought on “Gandeng Menkop agar UMKM Naik Kelas, Apa Kehebatan Bisnis Putra Bungsu Jokowi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat