October 29, 2020

Disebut Provokasi, Begini Respon Najwa Shihab

Jurnalis dan presenter, Najwa Shihab. (Foto : Instagram @najwashihab)


Businesstoday.id, Jakarta – Jurnalis dan presenter Najwa Shihab menggungah percakapannya dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di akun instagramnya.

Najwa ditegur setelah ia mempersoalkan wacana pembebasan napi korupsi bersama tim Narasi TV pada Jumat (3/4/2020). Yasonna menuding Najwa telah melakukan provokasi kepada masyarakat untuk menentang idenya itu.

“Saya heran dengan tuduhan tak berdasar Najwa, tentang pembebasan koruptor. Suudzon banget sih, provokatif dan politis. Belum ada kebijakan itu. Tunggu dong, seperti apa,” tulis Najwa mengulangi protes Yasonna kepadanya, Minggu (5/4/2020).

Menurut Najwa, dalam keterangan pers itu, Yasonna Laoly menyatakan pemerintah ingin mengurangi over kapasitas di Lapas dimungkinkan dengan revisi PP No. 99 Tahun 2012. “Namun dengan kriteria syarat begitu ketat, Napi kasus korupsi yang berumur di atas 60 tahun dan sudah menjalani 2/3 masa tahanan,” kata Yasonna mengungkapkan alasannya.

Dalam keterangan pers itu, Yasonna melontarkan tudingannya terhadap media yang mengesampingkan unsur kehati-hatian. “Kami masih exercise (usulan revisi itu). TIDAK gegabah. Beda dengan media, gegabah, berimajinasi, dan provokasi.”

Najwa pun menanggapi pernyataan itu. “Menteri Yasonna agak berlebihan. Kami sama sekali tidak berimajinasi. Pemberitaan media muncul dari rapat resmi Menkumham dengan Komisi III DPR melalui teleconference pada 1 April 2020,” tulis perempuan yang akrab disapa Nana ini.

Najwa pun kembali menegaskan tidak ada niatan untuk memprovokasi saat merespon jawaban dari Yasonna soal skema asimilasi.

“Wait and see. Tapi, jangan PROVOKASI dulu, ya,” tulis Yasonna.

“Kok, provokasi, pak Menteri? Saya sedang menjalankan hak sebagai warga negara yang meminta penjelasan dari pemerintah soal topik yang penting,” ujar Najwa.

Sebelumnya, pada 3 April 2020, host program Mata Najwa ini melontarkan kritikannya di akun Instagramnya. Ibu satu anak ini menyampaikan kritikan terkait wacana Menkumham membebaskan napi koruptor demi menghindari penularan virus corona. (kab)


Leave a Reply

Your email address will not be published.