Businesstoday.id, Pontianak – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Natalia memprediksi wisatawan yang akan menghadiri kegiatan Cap Go Meh di Kota Singkawang pada tahun 2020 akan lebih ramai dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kita memprediksikan tahun ini akan lebih ramai wisatawan menghadiri Cap Go Meh di Singkawang. Hal itu satu di antaranya harga tiket pesawat yang lebih rendah dari tahun sebelumnya,” ujarnya di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan bahwa dari informasi awal, kegiatan wisata nasional tersebut dihadiri lima menteri.

“Kemarin dari rapat koordinasi kepolisian, ada lima menteri akan hadir menyaksikan Cap Go Meh,” jelas dia.

Menurutnya, di Kalbar hanya dua kegiatan masuk kegiatan wisata nasional yakni Cap Go Meh dan Festival Danau Sentarum.

“Di antara kriteria yang menyebabkan masuk kegiatan kalender wisata nasional yakni digelar setiap tahun dan bisa mendatangkan minimal 500 wisatawan manca negara. Nah, kalau Cap Go Meh memenuhi kriteria yang ada bahkan dari sisi kunjungan wisatawan manca negara lebih dari standar minimal,” kata dia.

Adanya kegiatan Cap Go Meh di Kota Singkawang jelas dia tentu juga berdampak luas bagi daerah sekitarnya terutama Kota Pontianak.

“Kota Pontianak tentu sangat besar juga dampaknya dari kegiatan di Singkawang tersebut. Baik tingkat hunian kamar hotel maupun kuliner di Pontianak tentu meningkat akibat wisatawan yang kadang menginap terlebih dahulu du Pontianak atau setelah kegiatan di Singkawang,” jelas dia.

Ia mengajak semua pihak untuk turut mendukung dan menyukseskan kegiatan even kalender wisata nasional tersebut.

“Dukungan kita semau seperti terus menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan, kebersihan lingkungan, ramah dan lainnya,” kata dia.

Acara perayaan Imlek dan Cap Go Meh akan diselenggarakan 23 Januari sampai 9 Februari 2020 di Stadion Kridasana Singkawang.

Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang akan menampilkan sekitar 800 tatung dari dalam dan luar kota untuk meramaikan acara perayaan tahun 2020 ini.

Berdasarkan penelusuran harga tiket pesawat di situs online harga tiket pada 23 Januari 2020 tujuan Jakarta – Pontianak mulai Rp1,2 jutaan, kemudian di rute yang sama bertepatan tahun Imlek yakni pada 25 Januari 2020 harga tiket mulai Rp800 ribuan dan begitu juga pada awal Februari 2020 harga tiket masih mirip saat Imlek. (ded)