December 5, 2020

Dorong Produktivitas Pembudidaya, Menteri Edhy Serahkan Bantuan Rp 7,94 Miliar

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat menyerahkan bantuan untuk menyokong produktivitas para pembudidaya perikanan di Provinsi Gorontalo. (Foto : Instagram @edhy.prabowo)


Bisnispost.com, Gorontalo – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyerahkan bantuan untuk menyokong produktivitas para pembudidaya perikanan di Provinsi Gorontalo. Nilai bantuan yang diserahkan mencapai Rp7,94 miliar.

Penyerahan bantuan berlangsung di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (11/6/2020), bersamaan dengan peninjauan tambak udang vaname di lokasi tersebut.

“Semoga dengan bantuan yang diberikan, para pembudidaya semakin produktif dalam menjalankan aktivitas budidaya,” ujar Menteri Edhy.

Bantuan yang diserahkan meliputi escavator, kincir dan pompa, premi asuransi untuk pembudidaya kecil, pinjaman modal kerja, benih ikan nila, hingga kolam bioflok. Kelompok pembudidaya penerima bantuan berasal dari Kabupaten Gorontalo Utara, Kota Gorantalo, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Pohuwato.

Selain menyerahkan bantuan untuk para pembudidaya, Menteri Edhy juga menebar 1,5 juta benur udang vaname di tambak milik masyarakat di Desa Leboto. Menteri Edhy berharap, produktivitas perikanan budidaya di Gorontalo, khususnya budidaya udang terus meningkat.

KKP, sambungnya membuka diri berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam rangka menggenjot produksi udang di Gorontalo. Edhy menargetkan, produksi udang nasional tumbuh menjadi tiga juta dari yang sebelumnya 800 ribu hingga 1 juta per tahun.

“Gorontalo punya lahan yang luar biasa. Sepanjang jalan saya melihat banyak sekali hamparan tambak. Bila ini digarap secara optimal, saya rasa cita-cita kita menggenjot produksi udang nasional dapat tercapai,” ujarnya.

“Dengan kolaborasi, kerjasama, saya rasa tidak ada yang tidak mungkin. KKP siap membantu akses permodalan melalui BLU maupun KUR. Siap juga melakukan pembinaan, transfer teknologi, dan hal lain yang dibutuhkan pembudidaya,” pungkas Menteri Edhy.

Dalam kunjungan kerja sehari di Gorontalo, Menteri Edhy sebelumnya melakukan panen raya ikan bandeng di Desa Wanggarasi Tengah, Kecamatan Lemito dan meninjau tambak udang vaname di Kecamatan Mootilango, Kabupaten Pahuwato. (kkp)