November 27, 2020

Eks Politisi Nazarudin Lebih Cepat Bebas 4 Tahun dari Seharusnya

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin. (Foto : Pojoksatu.id)


Bisnispost.com, Jakarta – Sebenarnya agak kurang nyaman juga mendengar kabar mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin, sudah bebas hari Ahad lalu tanggal 14 Juni.

Pertama, adalah soal waktu pembebasan yang lebih cepat 4 tahun dari amar putusan semula. Ini memang disebut belum bebas sebenarnya, tapi cuti menjelang bebas, CMB, kata Abdul Aris, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kenkumham Jawa Barat.

Yang kedua, adalah soal apa yang akan dilakukan Nazaruddin bila bebas. Nazaruddin adalah bendahara Partai Demokrat saat itu, dan ditangkap di Kolombia tahun 2011. Negeri yang jauh dari Indonesia. Ia memperoleh hukuman berkali-kali hingga terjadi akumulasi. Nah di dalam proses hukumnya, ada banyak orang akhirnya terseret kasus korupsi. Ini akibat nyanyian Nazarudin.

Ia dianggap Justice Collaborator. Ada nama Ketua Umum Partai Demokrat saat itu, Anas Urbaningrum, lalu Neneng Sri Wahyuni istrinya sendiri, ada juga Andi Malarangeng Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu, kemudian ada juga Rektor Universitas Airlangga, Fasichul Lisan, juga artis cantik yang anggota DPR saat itu Angelina Sondakh. Ini adalah deretan nama yang sudah terseret kasus korupsi.

Salah satu yang luar biasa dari Nazaruddin adalah sebutan nyanyiannya yang sangat ramai dan menyentuh sejumlah nama.

Lalu, bagaimana seandainya dia melakukan lagi suara nyanyian? Ini yang lebih mengkhawatirkan selain sekedar bebasnya Nazaruddin lebih cepat dari jadwal seharusnya. Kalau saja ia bersuara lagi, maka nama-nama besar bisa tersinggung dan Nazaruddin bisa jadi ancaman baru, sebab orang sekelas Setya Novanto saja, tokoh Partai Golkar yang sangat disegani, bisa masuk ke dalam bui. Kita tunggu nyanyian M. Nazaruddin berikutnya. (rad)