October 20, 2020

PT Merdeka Copper Gold (MDKA) Keluarkan Biaya Eksplorasi Rp 30,4 M

MDKA keluarkan dana untuk dukung eksplorasi sebesar Rp 30,4 miliar. (Foto : Instagram @elatifahlita)


Businesstoday.id, Jakarta – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) selama bulan Februari 2020  keluarkan dana untuk mendukung seluruh kegiatan eksplorasi sebesar  Rp 30,4 miliar.

Manajemen MDKA dalam keterbukaan informasi  BEI kamis (12/3/2020) mengatakan perseroan terus melanjutkan kegiatan eksplorasi di tiga daerah berbeda di Indonesia (Tujuh Bukit di Jawa Timur, Pulau Wetar di Maluku Barat Daya, dan Pani di Gorontalo).

Kegiatan di daerah Tujuh Bukit difokuskan pada sumberdaya porfiri tembaga dan emas, di daerah Pulau Wetar difokuskan pada sumberdaya tembaga, sementara di daerah Pani difokuskan pada eksplorasi sumberdaya emas.

Kegiatan eksplorasi sumberdaya porfiri tembaga dan emas pada Upper High Grade Zone (UHGZ) di daerah Tujuh Bukit merupakan kombinasi dari pemboran dari permukaan dan pemboran dari bawah tanah. Pada bulan Februari 2020, total meter bawah tanah yang dibor adalah 2.019,3 meter untuk pengeboran geoteknik (Geotech) dan Definisi Sumber Daya (Res Def). Lubang definisi sumber daya bawah tanah dirancang untuk menguji kontinuitas mineralisasi, serta untuk informasi geoteknik dan hidrologi. Empat LM110 UG rigs saat ini sedang beroperasi.

Total biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan eksplorasi UHGZ di daerah Tujuh Bukit pada bulan Februari adalah sebesar Rp21 miliar untuk pengembangan penurunan drift, Rp 4,9 miliar untuk pengeboran definisi sumber daya bawah tanah dan pengeboran hidrologi permukaan, dengan total sebesar Rp 25,9 miliar. Semua pekerjaan diselesaikan melalui perjanjian kontrak antara Merdeka dan
PT Merdeka Mining Servis.

Program eksplorasi Pulau Wetar berfokus pada pengeboran awal target EM di barat dayaKali Kuning sebelum kegiatan pengeboran dihentikan karena hujan deras. Kumpulan data akhir,termasuk interpretasi geologi juga disusun untuk estimasi sumber daya di Partolang, dan sampel lebih lanjut dikumpulkan dari Partolang untuk pekerjaan mineralogi. Tiga lubang bor sirkulasi terbaliktelah diselesaikan di Kali Kuning seluas 335 meter di KKR 130-132,Total biaya untuk kegiatan eksplorasi di pada bulan Februari adalah Rp2 miliar. Semua pekerjaan diselesaikan melalui perjanjian kontrak antara Merdeka dan PT Merdeka Mining Servis. (emi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.