October 31, 2020

Genjot Pasar Granit, Intikeramik Alamasri Industri (IKAI) Berencana Lakukan Akuisisi


Businesstoday.id, Jakarta – PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) menyatakan, berencana akan melakukan akuisisi strategi melalui anak perusahaannya untuk mewujudkan pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Winda Yohana Corporate Secretary IKAI dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat (24/1/2020) mejelaskan, tujuan rencana akuisisi strategi tersebut untuk meningkatkan kapasitas produksi perseroan menjadi 8 juta per meter persegi per tahun.

“Dengan sinergi ini, perseroan mengantisipasi untuk menghimpun sekitar 30 persen pasar domestik untuk produk granitnya,” tutur Winda

Hingga akhir September 2019, perseroan terus meningkatkan produksi keramik melalui anak perusahaannya, yakni PT INKA. Perusahaan berencana untuk meningkatkan kegiatan pemasaran produk Essenza guna memperkuat pangsa pasar.

“Dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 4,5 juta per meter persegi, dan didukung oleh program insentif pemerintah yang fokus pada pembangunan infrastruktur dan perubahan. Ke depannya, perusahaan bertujuan untuk memperluas bisnis keramiknya,” paparnya.

Pada periode Januari-September 2019, perseroan mencatat rugi sekitar Rp61,20 miliar. Padahal periode serupa tahun sebelumnya berhasil menorehkan laba sebesar Rp85,19 miliar.

“Manajemen IKAI tetap percaya diri untuk mempertahankan sikap positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan perusahaan di masa yang akan datang. Perusahaan akan terus meningkatkan kinerja fundamentalnya, yang akan tercemin dalam penilaian perusahaan ke depan,” jelasnya. (ami)


Leave a Reply

Your email address will not be published.