October 31, 2020

Pemerintah Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Hadapi Vulirus Corona

Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto: Instagram @smindrawati)


Businesstoday.id, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah memberikan tambahan anggaran ke Kementerian Kesehatan untuk penanganan virus coronan. Anggaran ini disiapkan untuk kebutuhan mendesak penanganan COVID-19. 

“Kami perkirakan mendekati Rp1 triliun. Kami sudah persiapkan untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” kata dia dalam konferensi pers paket stimulus virus corona, di gedung Menko Perekonomian, Jakarta,  Jumat (13/3/2020).

Sri Mulyani menjelaskan dana sebesar Rp 1 triliun ini disiapkan untuk Kebutuhan pendanaan yang disampaikan Kemenkes kepada Kemenkeu, seperti pembelian Alat Pelindung Diri (APD), pengawasan di pelabuhan serta bandara dan pintu masuk lainnya ke Indonesia, kemudian perawatan di rumah sakit, serta pengadaan sarana prasarana rumah sakit rujukan.

Sri Mulyani menambahkan anggaran ini juga termasuk dana untuk mendukung kebutuhan tracing atas suspect, status pasien yang sudah dikonfirmasi terinfeksi virus corona. Koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam menangani infeksi COVID-19, serta pengadaan disinfektan untuk sarana dan prasarana transportasi publik, serta pusat perekonomian seperti pasar.

Selain itu menurutnya pemerintah akan membebaskan bea pajak impor bahan obat obatan dan peralatan bagi pihak-pihak yang membutuhkan penanggulangan pandemik virus corona. (via)


Leave a Reply

Your email address will not be published.