November 1, 2020

Harga Minyak Mentah Jatuh, Ini Respon Manajemen AKR Corporindo (AKRA)

Kejadian ini menjadi sangat bersejarah karena minyak menyentuh angka minus. (Foto : Instagram @akrcorporindo_official)


Businesstoday.id, Jakarta – Harga minyak AS jatuh ke wilayah negatif untuk pertama kalinya dalam sejarah pada perdagangan kemarin. Harga minyak mentah jatuh dipicu oleh menurunnya permintaan dan kekhawatiran kelebihan pasokan karena pandemi Covid-19.

West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei merosot USD55,9 atau lebih dari 305 persen, menjadi -USD37,63 per barel di New York Mercantile Exchange. Dengan begitu, produsen akan membayar pembeli saat mengambil minyak dari tangan mereka.

Menanggapi hal tersebut, kompetitor PT Pertamina (Persero) yakni PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) memberikan responnya.

Direktur PT AKR Corporindo Tbk, Suresh Vembu mengaku terkejut akan hal tersebut.

“Ketika kita bangun hari ini berita bahwa Nymex merosot ke harga negatif dan minyak di bawah nol,” katanya, seperti dikutip di Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Dirinya pun menyatakan bahwa kejadian ini menjadi sangat bersejarah karena minyak menyentuh angka minus. Namun, Ia menyebutkan jika kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi perseroan.

“Ya itu adalah hari bersejarah ketika Nymex ke harga negatif. Tetapi Kami tidak melihat banyak dampak pada AKR karena kami tidak dalam posisi Long, kami tidak melakukan perdagangan kertas dan hanya pengiriman fisik. Karenanya tidak ada dampak besar,” ucapnya.

Meski begitu, Ia menuturkan jika pihaknya akan selalu memantau perkembangan harga minyak dunia saat ini. (emi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.