October 28, 2020

Hotel BUMN Siap Jadi Rumah Sakit Pasien Virus Corona


Businesstoday.id, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, Jakarta sebagai tempat penanganan Covid-19.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa (17/3/2020) mengemukakan bahwa saat ini RSPJ memiliki kapasitas 65 tempat tidur yang terdiri dari 20 tempat tidur untuk perawatan setingkat ICU dan 45 tempat tidur non-ICU.

“Penanganannya akan didukung 10 dokter spesialis, delapan dokter umum, dan tiga perawat terlatih,” katanya.

RSPJ juga dilengkapi laboratorium diagnostik yang dapat mendeteksi virus corona. Kemudian, terdapat juga fasilitas radiologi dan gawat darurat yang dilengkapi ruang isolasi.

Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa Kementerian BUMN akan menggunakan bangunan lama yang ada di sekitar Jalan Cikini dan Pramuka, Jakarta, untuk dimanfaatkan menjadi tempat pasien Covid-19.

“Jadi RS Pertamina Jaya akan gunakan bangunan lama di sekitar Cikini dan Pramuka, Jakarta. Itu ada sarana ruangan isolasi bertekanan tinggi di tiga lantai sehingga sistem penyaluran udaranya tidak terlewati virus,” paparnya. (kab)


Leave a Reply

Your email address will not be published.