October 25, 2020

UKM Harus Jadi Pahlawan Ekonomi Indonesia Setelah Masa Krisis

President ICSB Indonesia, Jacky Mussry. (Foto : Instagram @hermawan_kartajaya_)


Businesstoday.id, Jakarta – Pandemi COVID-19 menimbulkan banyak tantangan, terutama di bidang sosial dan ekonomi. Dengan imbauan social distancing yang diterapkan, maka terhambat juga roda ekonomi yang sedang berjalan. Banyak sejumlah tempat tutup dan menyebabkan pelaku usaha harus menghentikan bisnisnya, tidak terkecuali para UKM.

Dikatakan oleh Jacky Mussry, President ICSB Indonesia dalam ICSB Academy Online yang digelar Rabu (8/4/2020), diperkirakan hingga enam bulan ke depan UKM di Indonesia akan mengalami masa sulit karena proses bisnis yang terhenti sementara. Belum lagi, kondisi perekonomian global yang masih lemah.

“Di kuartal tiga (Q3) 2020, kita akan mengalami saat-saat harus bertahan hidup (surviving) untuk kemudian memperbaiki kondisi di Q4 2020. Memang masih lama, namun harus dipersiapkan dari sekarang,” katanya.

UKM harus memulai kembali dari konsep start small, start now, start right. Start small berarti UKM mulai pelan-pelan beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar.

Di masa social distancing ini, bisa dimulai dengan memanfaatkan aplikasi perpesanan dan layanan digital untuk memulai kembali bisnis yang sempat terhenti.

Start now, artinya pelaku usaha memulai sekarang juga sebelum kehilangan momentum. Dan start right adalah mulai dengan strategi yang tepat sasaran.

“UKM harus menjadi pahlawan ditengah krisis yang telah melanda. Tentu dengan strategi yang benar dan tidak bersikap gegabah dalam melihat peluang pasar,” pungkas Jacky. (mar)


Leave a Reply

Your email address will not be published.