November 29, 2020

Indo-Rama Synthetics (INDR) Kurangi Produksi Polyester dan Pemintalan

Indo-Rama Synthetics Kurangi Produksi Polyester dan Pemintalan di Pabrik 3 Negara Imbas Covid-19. (Foto : Instagram @hasymi_hamid)


BIsnispost.com, Jakarta – Perusahaan industri dibidang usaha pemintalan benang, benang polyester filamen (termasuk benang mikrofilamen), polyester staple fibre, pet resin, tekstil grade chips dan kain polyester PT Indo-Rama Synthetics Tbk (INDR) mengakui akan dampak dari pandemi covid-19 pada operasional usaha perseroan baik dalam Negri maupun luar Negri.

V S Baldwa Presiden Direktur  INDR keterangannya yang di sampikan ke BEI Rabu (17/6/2020) menjelaskan, kondisi kelangsungan usaha perseroan terdampak covid-19 hingga terjadi Perusahaan dan anak perusahaan INDR telah mengurangi sedikit produksi Polyester dan Pemintalan Benang di pabrik yang berlokasi di 3 Negara yaitu di Purwakarta (Indonesia), Sri Lanka dan Uzbekistan dengan lama waktu penghentian berkisar pada 1 hingga 3 bulan.

Dampak dari pengurangan produksi dirasakan oleh karyawan perseroan yang harus dirumahkan sementara sebanyak 1450 orang dari total 7461 orang karyawan yang berstatus karyawan tetap dan tidak tetap.

Penghentian sementara operasional itu sejatinya adalah penyumbang 25 persen terhadap kontribusi pendapatan dari kegiatan operasional perseroan pada tahun 2019.

Perseroan memprediksi akan adanya penurunan total pendaptan dan laba hingga Periode yang berakhir per 31 Mei 2020 dibandingkan 31 Mei 2019 masing-masing 25 persen pendapatan dan 75 persen laba.

Penurunan laba bersih hingga 75 persen untuk periode yang berakhir per 31 Maret 2020 dibandingkan periode yang berakhir per 31 Maret 2019 karena keuntungan satu kali sebesar USD 30 juta dari pelepasan entitas asosiasi pada periode yang berakhir per 31 Maret 2019

Strategi yang dilakukan oleh Perusahaan terus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan keselamatan karyawannya dan terlibat dengan pelanggan yang terdiversifikasi secara global untuk memastikan operasi yang berkelanjutan. (ten)