October 28, 2020

Indosat akan Terima Pinjaman Rp 1 Triliun ke Anak usaha

ISAT akan melakukan pinjaman maksimal Rp1 triliun yang memanfaatkan kelebihan kas pada sejumlah anak perusahaan. (Foto : Instagram @indosatooredoo)


Businesstoday.id, Jakarta – PT Indosat Tbk (ISAT) merencanakan untuk melakukan pinjaman dari beberapa anak usahanya mencapai Rp1 triliun dalam upaya mengoptimalkan penguatan likuiditas internal.

Berdasarkan keterbukaan informasi ISAT yang disampaikan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (30/3/2020) malam, ISAT akan melakukan pinjaman maksimal Rp1 triliun yang memanfaatkan kelebihan kas pada sejumlah anak perusahaan.

Adapun anak usaha ISAT yang terlibat dalam kesepakatan transaksi afiliasi (perjanjian pinjaman subordinasi) ini adalah PT Aplikanusa Lintasarta, PT Portal Bursa Digital, PT Starone Mitra Telekomunikasi, PT Indosat Mega Media (IM2), Indosat Singapore Pte Ltd ( ISPL ) dan PT Lintas Media Danawa.

Sebelum melakukan pinjaman kepada ISAT, terlebih dahulu anak-anak usaha perseroan akan menghitung saldo kas lebih, yakni selisih antara saldo kas aktual dan saldo minimum kas. “Nilai pinjaman maksimum secara agregat sebesar Rp1 triliun dan suku bunga yang digunakan adalah JIBOR ditambah margin sebesar 2,25 persen”.

Manajemen ISAT menyebutkan, transaksi afiliasi ini akan menguatkan manajemen modal kerja ISAT, sehingga bermanfaat bagi laporan keuangan konsolidasian di tingkat grup perusahaan. Selain itu, transaksi ini bisa meningkatkan pengawasan terpusat atas kelebihan kas anak usaha dan pengurangan risiko jika kas tersebut tidak digunakan secara optimal. (emi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.