November 26, 2020

Ini Agenda Menarik dalam RUPS PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

PT Telekomunikasi Indonesia. (Foto : Merahputih.com)


Bisnispost.com, Jakarta  – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) Jumat (19/6/2020), menarik ditunggu. Selain perombakan pengurus, pembagian dividen termasuk agenda yang menyita perhatian. Emiten yang tercatat dalam indeks IDX High Dividen 20 tersebut terbilang konsisten membagikan rasio pembayaran dividen di atas 70 persen sepanjang tiga tahun terakhir.

Dari informasi yang dikumpulkan Kamis (18/6/2020), tahun lalu PT Telkom memutuskan membagikan dividen Rp16,23 triliun. Itu setara dengan 90 persen dari laba bersih perseroan untuk tahun buku 2018 sebesar Rp18,03 triliun.

Sepanjang tahun 2019, BUMN telekomunikasi itu membukukan laba bersih Rp18,66 triliiun, atau tumbuh 3,5 persen dari capaian periode tahun sebelumnya. Bila tahun ini Telkom membagikan rasio pembayaran dividen 90 persen, seperti sebelumnya, kemungkinan perseroan akan membagikan dividen tunai sekitar Rp16,8 triliun. Itu berarti Rp169 per lembar saham.

Di luar agenda perombakan manajemen dan pembagian dividen, RUPS juga membahas mengenai persetujuan laporan keuangan 2019. Lainnya, pengesahan atas laporan keuangan dan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL), remunerasi untuk direksi dan komisaris, ditambah penunjukan kantor akuntan publik.

Seperti sudah ramai diberitakan, perombakan direksi memunculkan isu bakal masuknya Fajrin Rasyid, Presiden Bukalapak. Anak muda ini diharapkan bisa mendorong perusahaan negara itu, menjalankan strategi bisnis digital, dari saat ini yang lebih banyak ke telekomunikasi. Tetapi, belum ada kejelasan seperti apa persisnya info penting itu.

Sebelumnya Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, realisasi kinerja 2019 menunjukkan perseroan berada di jalur tepat menjadi digital telecommunication company dan berkomitmen tinggi dengan memperkuat kapabilitas bisnis digital. Tujuannya, memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. (mit)