October 21, 2020

Jangan Berubah-ubah, Pemerintah agar Tegas terkait Kebijakan Larangan Mudik

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto : Instagram @andre_rosiade)


Bisnispost.com, Jakarta – Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade meminta Pemerintah untuk tegas dan tidak merubah aturan terkait kebijakan larangan mudik atau pulang kampung bagi masyarakat di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Ia juga menyarankan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H, tidak boleh diubah-ubah.

“Harapan kami tentu pemerintah tegas, tidak berubah-ubah aturannya. Saya minta Pimpinan dan Komisi yang membidangi, jangan lagi ada perubahan saat sudah ada Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 bahwa kita dilarang terbang (menumpang pesawat), tetapi akan ada perubahan-perubahan lain,” kata Andre saat menyampaikan interupsi dalam Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020 yang dipimpin Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Legislator asal Sumatera Barat tersebut menyampaikan kegelisahan masyarakat, khususnya di daerah pemilihannya tersebut. HIngga kemarin, provinsi tersebut tercatat sebagai provinsi dengan jumlah kasus positif virus Covid-19 tertinggi di luar Pulau Jawa, dengan jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 203 pasien.

Meski sudah ada larangan, Pemerintah juga sempat memberikan keringanan di balik imbauan untuk tidak mudik sebagai pencegahan perluasan penyebaran virus Covid-19. Jika sebelumnya warga dilarang mudik, beberapa waktu yang lalu Pemerintah sempat menyatakan ada keringanan untuk situasi-situasi tertentu bagi masyarakat, sehingga diperbolehkan untuk pulang ke kampung halaman.

“Tentu ini butuh ketegasan dari Pemerintah, dan juga kita harapkan Pimpinan DPR mengingatkan Pemerintah untuk tetap konsisten dilarang terbang, dilarang mudik, jangan sampai ada celah karena dekat dengan si ini dekat dengan si itu, peraturan dirubah,” pungkas politisi Fraksi Partai Gerindra tersebut. (par) #mediamelawancovid19