October 29, 2020

Jatim Kedatangan 35 Ribu Ton Raw Sugar Asal Thailand

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Instagram @khofifah.ip)


Businesstoday.id, Surabaya – Jawa Timur akhirnya kedatangan gula impor asal Thailand, dalam bentuk raw sugar (gula mentah) sebanyak 35 ribu ton. Hari ini, Minggu (15/3/2020), sebanyak 10ribu ton raw sugar tersebut masuk ke PT Kebun Tebu Mas (KTM) Lamongan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memantau langsung kedatangan raw sugar tersebut ke PT KTM, Lamongan. Masih sebanyak 10 ribu ton yang datang, sedangkan sisanya masih ada proses kepabeanan di Tanjung Perak.

“Jadi masih ada proses yang harus dikeluarkan dari kepabeanan Tanjung Perak, ada 25 ribu ton,” ujarnya, Minggu (15/3/2020).

Khofifah menyampaikan, bahwa kebutuhan konsumsi gula di Jatim, sekitar 37 ribu ton perbulan. Sedangkan musim giling baru akan dilakukan pada awal Juni 2020. Sedangkan saat ini, sejak pertengahan Maret, April, Mei hingga pertengahan Juni, stok gula kurang.

“Oleh karena itu memang sudah kita bersurat, berkoordinasi dengan berbagai Kementerian adalah untuk bisa memberikan percepatan bagaimana sebetulnya impor gula,” imbuhnya.

Impor gula yang dimaksud Khofifah adalah, apakah dalam bentuk raw sugar atau dalam bentuk gula yang sudah bisa dikonsumsi. Menurutnya, impor mendesak dilakukan, mengingat harga gula di pasaran telah mencapai Rp 16ribu – Rp 18ribu per kilogram.

“Kalau ini tidak dilakukan percepatan untuk bisa men-deployed (dikerahkan, red) gula, mungkin diimpor dari mana dan seterusnya, maka saya khawatir harga gula menjelang puasa akan bisa meningkat kembali,” ucapnya.

Pada posisi bulan ini, lanjut Khofifah, stok gula masih cukup untuk kebutuhan masuarakat di Jawa Timur. Tetapi, kata Khofifah, bahwa harga di lapangan itu sudah mengalami koreksi terus, sehingga untuk menstabilkan harga, impor dilakukan. (rri)


Leave a Reply

Your email address will not be published.