October 24, 2020

Jokowi Disarankan Prioritaskan Atasi Covid-19, Ekonomi Menyusul


Businesstoday.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo diminta lebih fokus dengan memprioritaskan menangani masalah penyebaran wabah Corona Covid-19 . Jika kondisi sudah aman, baru perbaikan masalah ekonomi bisa menyusul.

Ekonom yang juga politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo mengatakan, yang paling penting sekarang ini adalah Indonesia harus mampu mengatasi pandemic covid-19 ini.

“Ini harus lebih diprioritaskan dari jargon menyelamatkan ekonomi. Kenapa? Melihat pengalaman China, Iran dan Italia, ketika wabah sudah meluas, aktifitas ekonomi apa yang bisa diselamatkan?” jelas Dradjad, dalam keterangan persnya yang diterima, Kamis (19/3/2020).

Dia menjelaskan kalau beberapa negara juga mengkarantina total masyarakatnya termasuk dengan opsi lockdown atau penutupan. Dengan kebijakan itu, aktivitas ekonomi berhenti sementara karena penanggulangan yang diprioritaskan. “Jadi, pemerintah perlu memilih prioritas yang benar,” lanjutnya.

Dradjad mengaku punya alasan kuat menyarankan agar Jokowi fokus pada penanganan covid-19. Sebab, harus diakui, fasilitas kesehatan di dalam Negeri belum sepenuhnya mampu menampung persoalan ini.

“Pencegahan penyebaran ini menjadi amat sangat krusial mengingat terbatasnya kapasitas pelayanan kesehatan (yankes) oleh rumah sakit dan puskesmas di Indonesia,” katanya.

Dalam peningkatan ekonomi, stimulus dari pemerintah memang dibutuhkan apalagi kondisi saat ini. Tapi, jika ada wabah seperti sekarang ini, maka stimulus itu menjadi sia-sia saja. (via)


Leave a Reply

Your email address will not be published.