December 1, 2020

Kapolda Ajak Masyarakat dan Instansi Terkait untuk Menjadi Tangguh

Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo. (Foto : pmjnews.com)


Bisnispost.com, Kalimantan – Menuju tatanan normal baru di masa pandemi covid -19 dengan memperhatikan protokol kesehatan, Polda Kalteng gelar lomba Lewu Isen Mulang atau Desa Pantang Mundur.

Menyikapi hal tersebut Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Indro Wiyono, M.Si. meresmikan Desa Pantang Mundur yang bertempat di Jalan Menteng XII Kota Palangka Raya, Senin (29/06/2020) pukul 10.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kabinda (Kepala Badan Intelejen Daerah) Kalteng Brigjen Pol. M. Slamet Urip Widodo, Pejabat Utama Polda Kalteng, Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, S.P., Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, S.E., serta diikuti seluruh Bupati dan Kapolres Sekalimantan Tengah melalui Virtual.

Adapun kriteria yang menjadi penilaian Desa Pantang Mundur adalah Desa Tangguh Covid – 19, Desa Tangguh Karhutla (Kebakaran Hutan Dan lahan), Tangguh Ketahanan Pangan.

Launching tersebut sekaligus mengumumkan juara Desa Pantang Mundur yaitu Juara Satu Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Juara dua Desa Sidorejo Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas dan juara tiga Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih batu Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan Kegiatan ini dilaksanakan agar menjadikan desa di Kalimantan Tengah menjadi tangguh tehadap Covid -19, Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) serta Ketahanan Pangan.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini diharap kita dapat bekerjasama dengan pihak terkait dan masyarakat dalam menanggulangi Covid -19, Karhutla, dan Ketahanan Pangan yang ada di Kalimantan Tengah,” pungkas Alumni Akpol 1990 ini.

Dilain kesempatan, Ketua DPRD Provinsi Kalteng berserta Kabinda Kalteng dan Walikota Palangka Raya juga memberikan apresiasi terhadap Polda Kalteng yang telah menjadi pelopor terlaksanakanya kegiatan Lomba Desa Pantang Mundur yang ada di Kalimantan Tengah. (pol)