November 25, 2020

Kemenag DIY Bisa Jadi Role Model Gerakan Modernisasi Keagamaan

Anggota Komisi VIII DPR, Maman Imanulhaq. (Foto : Instagram @mamanimanulhaq)


Bisnsipost.com, Jakarta – Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq berharap Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi role model bagi gerakan modernisasi keagamaan di tengah radikalisme yang memanfaatkan media sosial. Tidak melulu memberikan pemaparan yang bersifat birokratif dan normatif semata.

“Saya menginginkan Kemenag Provinsi DIY dapat lebih melibatkan masyarakat, karena Yogya ini mengusung nilai moderat, toleran, dan damai. Oleh karenanya harus betul-betul menyentuh komunitas juga,” ujar Maman saat mengikuti rangkaian agenda Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI ke DI Yogyakarta, Senin (20/7/2020).

Dalam kesempatan yang sama, politisi Fraksi Partai Kebangkita Bangsa (F-PKB) itu juga meminta kepada Dinas Sosial Provinsi DI Yogyakarta untuk memiliki role model agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran dan cara pendistribusiannya juga berjalan sesuai harapan.

“Kami tengah mengkritik kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang minim akan sosialisasi dan edukasi kepada publik. Oleh karena itu kami meminta masukan kepada Dinsos Provinsi Yogyakarta, bagaimana langkah yang mereka lakukan dalam mengelola bansos-bansos tersebut,” kata Maman.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DIY, Maman menyampaikan bahwa Indonesia diperkirakan akan mengalami resesi ekonomi dengan prediksi minus 4 persen. Untuk itu ia menginginkan agar BPBD Yogyakarta bisa menjadi proyek percontohan penanggulangan bencana alam agar Indonesia bisa selamat dari berbagai bencana yang mungkin akan terjadi.

“Dengan Covid-19 ini kita harus bisa menunjukkan bahwa kita mempunyai kearifan lokal untuk menghadapi bencana. Saya ingin BPBD Yogya bisa memaparkan tentang mitigasi bencana dan memasukkan kurikulum bencana. Karena Yogya adalah daerah pendidikan. Saya menginginkan adanya satu perguruan tinggi bencana di Yogya ini,” tutup legislator dapil Jawa Barat XI itu. (dpr)