October 31, 2020

BNPB Jelaskan Menteri PUPR Tidak Terjangkit Corona Meskipun Kontak Menhub

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeldjono, (Foto: Instagram @basukihadimuljono_)


Businesstoday.id, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa narasi positif dan tidak panik sangat penting dalam upaya memperkuat imunitas tubuh dalam menghadapi Covid-19.

Doni menjelaskan bahwa setidaknya ada hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari tidak tertularnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeldjono, yang sempat kontak dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) yang kemudian dinyatakan positif terpapar corona atau Covid-19.

“Salah satu contoh adalah Bapak Menteri PUPR (Basuki). Beliau sempat membesuk Bapak Menhub (BKS) yang sudah waktu itu terpapar Covid-19, tetapi hasilnya belum diketahui. Belakangan, setelah pulang baru beliau diberitahu bahwa Bapak Menhub positif,” kata Doni saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR secara virtual, Senin (6/4/2020).

Menurut Doni, ada dua kajian yang bisa dilihat kenapa Basuki tidak terpapar corona. Dia menjelaskan, setelah mengetahui BKS positif, Basuki langsung menjaga stamina. Kemudian, mengonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan tidak panik. “Kalau waktu itu beliau (Basuki) panik, mungkin beliau akan terpapar,” ujar Doni.

Menurut Doni, sejauh ini Basuki sudah melakukan tes tiga kali. Hasilnya pun negatif terpapar virus corona atau Covid-19.

“Alhamdulillah, sampai hari ini, kemarin kami dengar sudah tiga kali swab tes. Artinya beliau aman,” kata ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 itu.

Dia menegaskan bahwa ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak bahwa kalau tidak panik dan imunitas tubuh bagus maka bisa mencegah terpapar virus corona.

“Narasi tidak panik harus kita dengungkan tiap saat. Karena kalau kita hanya dapat berita negatif dan menakutkan kita menjadi panik. Akibat panik inilah imunitas turun dan kita bisa dengan mudah terpapar,” ujar Doni. (jpn)


Leave a Reply

Your email address will not be published.