December 5, 2020

KKP Bangun Tambak Udang Berkelanjutan di Lampung Selatan, agar Lebih Produktif

KKP tengah merancang percontohan kawasan budidaya udang. (Foto: Instagram @tambakudangvaname)


Bisnispost.com, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah merancang percontohan kawasan budidaya udang di Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan tersebut guna mendukung program perhutanan sosial di berbagai daerah.

Pemilihan budidaya udang dikarenakan karena pada kawasan tersebut sebelumnya telah ada area budidaya eksisting seluas lebih kurang 312 hektar, namun dari sisi produktivitas belum dimanfaatkan secara optimal.

Sebagaimana diketahui program Perhutanan Sosial yang dicanangkan Presiden Jokowi, merupakan upaya pemerintah untuk memberikan akses kepada masyarakat sekitar dalam memanfaatkan lahan Perhutani untuk kegiatan usaha produktif, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020) mengatakan, bahwa KKP berkomitmen untuk mensukseskan program perhutanan sosial yang digagas Presiden. Menurutnya potensi lahan yang dimiliki oleh Perhutani diberbagai daerah bisa dioptimalkan agar lebih produktif dan memberikan efek positif bagi perekonomian masyarakat.

“Banyak lahan yang sebenarnya potensial untuk pengembangan budidaya ikan/udang di tambak. Saya kira program pehutanan sosial bisa menjadi pintu masuk bagaimana usaha budidaya udang bisa diperkenalkan dan menjadi alternatif usaha bagi masyarakat sekitar. KKP siap untuk mendukung ini, dan tentu menjadi bukti bahwa negara hadir dalam memberikan akses ekonomi bagi masyatakat, terlebih saat ini wabah pandemi Covid-19 telah mempengaruhi ekonomi masyarakat”, terang Slamet.

Dalam kesempatan tersebut Slamet juga sekaligus mengecek ke lapangan untuk melihat langsung kesesuaian lahan dengan usaha yang akan dilakukan nantinya. Slamet juga membeberkan keberhasilan program serupa di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

“Jadi pengembangan kawasan budidaya udang melalui program perhutanan sosial ini sebelumnya juga telah bergulir di Kabupaten Bekasi yakni di Muara Gembong. Pak Presiden juga hadir melakukan tebar perdana sekaligus mengawali panen udangnya. Saya berharap keberhasilan di Bekasi juga bisa berulang di Lampung Selatan,” ungkapnya. (inf)