October 20, 2020

Kontroversi Kartu Prakerja, CEO Ruangguru Belva Devara Umumkan Mundur dari Stafsus Presiden

Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara. (Foto: Instagram @belvadevara)


Businesstoday.id, Jakarta –  Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara atau akrab disapa Belva Devara secara resmi mengundurkan diri dari jabatan Stafsus Presiden. Hal tersebut ia umumkan dalam unggahan di akun Instagramnya, @belvadevara.

Dalam unggahannya, Belva menuliskan surat terbuka untuk warganet. Dalam surat terbuka tersebut, Belva mengatakan dirinya sudah mengajukan pengunduran diri sebagai Stafsus Presiden melalui surat tertanggal 15 April, dan disampaikan secara langsung kepada Presiden Jokowi pada 17 April 2020 lalu.

Dalam surat terbuka yang diunggah, Belva juga menyinggung keterkaitan perusahaan yang dipimpinnya, Ruang Guru, yang kini menjadi mitra pemerintah dalam program Kartu Prakerja.

Menurutnya, kerja sama antara pemerintah melalui Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sudah sesuai prosedur yang berlaku. Bahkan Belva memastikan tidak ada konflik kepentingan dalam pemilihan mitra Kartu Prakerja seperti sempat menjadi kontroversi belakangan ini.

“Seperti yang telah dijelaskan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO), proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan. Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja,” tulis Belva.

Menurut Belva, ia terpaksa mengambil keputusan berat dengan mundur dari Stafsus Presiden untuk menghindari polemik dan asumsi yang berkepanjangan.

“Namun, saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin polemik mengenai asumsi/persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan, yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19,” tulisnya.

Belva pun berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memahami dan menerima keputusan pengunduran dirinya. Belva juga menyebut di mana pun dan di posisi apa pun ia bekerja, ia berkomitmen mendukung presiden dan pemerintah untuk memajukan NKRI. (rat)


Leave a Reply

Your email address will not be published.