October 22, 2020

Luhut : Pemerintah Pakai Jasa Grab dan Gojek, Salurkan Bantuan Sembako dari Pemerintah


Businesstoday.id, Jakarta – Pemerintah meminta Grab Indonesia dan Gojek membantu menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok ke masyarakat pada masa tanggap darurat pandemi virus corona. Instruksi tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran langsungnya, Rabu, (18/03/2020).

“Presiden (Joko Widodo) memerintahkan sembilan bahan pokok jangan sampai ada yang kurang. Distribusinya di-exercise ke Grab dan Gojek untuk jadi penyalur ke masyarakat,” ujar Luhut.

Luhut mengatakan pemerintah menggandeng mitra operator ojek online lantaran jumlah pegawainnya mencapai jutaan orang. Keberadaan para minta ini pun tersebar di seluruh daerah.

Luhut berharap, dengan skema yang telah dirancang tersebut, penyaluran bantuan akan cepat sampai ke level masyarakat sehingga roda ekonomi tetap berjalan. Meski demikian, Luhut belum mendetailkan lebih lanjut mekanisme penyaluran bahan-bahan pokok itu.

Pemerintah sebelumnya telah memutuskan mengalihkan dana perjalanan dinas ke luar negeri untuk penyaluran bantuan kepada rakyat.

“Dana perjalanan dinas mencapai beberapa puluh miliar. Presiden minta kita alihkan untuk membantu rakyat dengan kategori kurang (mampu),” jelasnya.

Menteri Perhubungan Ad Interm ini juga berharap, dengan skema yang telah dirancang tersebut, penyaluran bantuan akan cepat sampai ke level masyarakat sehingga roda ekonomi tetap berjalan. Meski demikian, Luhut belum mendetailkan lebih lanjut mekanisme penyaluran bahan-bahan pokok itu.

Pemerintah sebelumnya telah memutuskan mengalihkan dana perjalanan dinas ke luar negeri untuk penyaluran bantuan kepada rakyat. “Dana perjalanan dinas mencapai beberapa puluh miliar. Presiden minta kita alihkan untuk membantu rakyat dengan kategori kurang (mampu),” ucapnya. (biz)


Leave a Reply

Your email address will not be published.