November 27, 2020

Mendagri Tito Sebut Pilkada 2020 Bisa Percepat Penuntasan Covid-19

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (Foto: Instagram @titokarnavian.fans)


Bisnispost.com, Jakarta – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan digelar 9 Desember nanti,  berpotensi dapat mempercepat penanganan virus Corona (Covid-19).Penyebabnya, para pejawat kepala daerah akan berupaya serius untuk mengendalikan virus tersebut. Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian, melalui keterangan tertulisnya, Senin (1/6/2020). 

“Justru momentum pilkada ini bisa mempercepat penanganan Covid karena kepala daerah akan sangat serius, lebih serius menanganinya karena pertaruhan,” kata Tito.

Menurutnya, pelaksanaan pilkada dengan protokol kesehatan menjadi tantangan, karena kalau salah dan tidak ditaati akan rawan menjadi media penularan.

Akan tetapi, jika bisa disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat, pilkada menjadi peluang mempercepat penanganan Covid-19.

220 kepala daerah dari 270 daerah yang akan menggelar Pilkada 2020, dan berpotensi menjadi pejawat atau kembali ikut pemilihan.

Para kepala daerah ini dituntut rakyatnya bekerja maksimal dalam membuat kasus Covid-19 menjadi landai, maupun program bantuan sosial yang tepat sasaran. (inf)