October 31, 2020

Menteri BUMN Angkat Jenderal Gantikan Refly Harun sebagai Komisaris Utama Pelindo I

Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), Refly Harun. (Foto : Instagram @reflyharun)


Businesstoday.id, Jakarta – Laksamana Madya TNI Achmad Djamaluddin menggantikan Refly Harun sebagai Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero). Menteri BUMN Erick Thohir juga mencopot empat komisaris lainnya. Pengangkatan 5 orang komisaris baru, salah satunya jenderal (TNI AL) berbintang tiga itu, dilakukan Erick dalam rapat video conference, Senin (20/4/2020) pukul 13.30 WIB.

Dalam akun twitter @ReflyHZ yang diunggah Senin (20/4/2020), pukul 15.53 WIB, Refly Harun mengucapkan terima kasih kepada tiga tokoh. Pertama, pakar hukum tata negara itu berterima kasih pada mantan Menteri BUMN Rini Soemarno yang sudah mengangkatnya. Kepada Erick Thohir, mantan wartawan ini terima kasih karena sudah memberhentikannya. Kepada Presiden Jokowi, terima kasihnya karena mengangkat dan memberhentikannya.

“Izin berada di garis luar untuk terus jadi peniup peluit. Pemerintah bener kita dukung, nggak benar kita kritik. Salam,” tulisnya dalam Twitter.

Pengangkatan lima orang sebagai komisaris baru di BUMN pengelola pelabuha di sebagian Sumtera itu, berdasarkan SK Menteri BUMN bernomor 123/MBU/04/2020 tertanggal 20 April 2020. Laksdya Achmad Jamaluddin saat ini Sekjen Wantannas (Dewan Ketahanan Nasional). Jenderal TNI AL berbintang 3 itu, juga wakil ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Irjen Pol Arman Depari, Wakil Kepala Badan Narkotika Nasional. Sedangkan Timbo Siahaan, mantan komisaris independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., Pemimpin Redaksi JakTV. Lalu, Irma Suryani Chaniago, politikus Partai NasDem, anggota DPR RI periode 2014-2019. Aktivis buruh ini gagal melenggang ke Senayan ada Pileg 2019.

Berikut komisaris Pelindo I :

– Laksamana Madya TNI Achmad Djamaluddin: Komisaris Utama

– Irjen Pol Arman Depari: Komisaris

– Herbert Timbo Parluhutan Siahaan: Komisaris Independen

– Ahmad Perwira Mulia: Komisaris Independen

– Irma Suryani Chaniago: Komisaris Independen

– Winata Supriatna: Komisaris (lama yang dipertahankan)

Dewan komisaris Pelindo I yang diberhentikan:

– Refly Harun: Komisaris Utama

– Bambang Setyo Wahyudi: Komisaris

– Heryadi: Komisaris

– Lukita Dinarsyah Tuwa: Komisaris

Dengan pengangkatan 5 komisaris baru tersebut, Pelindo I kini memiliki 6 komisaris. Selain mereka, ada seorang komisaris lama yang masih dipertahankan, yaitu Winata Supriatna. (emi) #mediamelawancovid19


Leave a Reply

Your email address will not be published.