October 23, 2020

Nilainya Luar Biasa Besar, Maspion Group Jual Bank Maspion ke Bank Asal Thailand

CEO Maspion Group, Alim Markus. (Foto : Instagram @maspion.official)


Businesstoday.id, Jakarta – Maspion Group memutuskan untuk menjual sebagian saham di PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) kepada perusahaan asal Thailand yakni Kasikorn Vision Company Limited (KVision). Hal tersebut terjadi setelah perseroan menandatangani Conditional Sale and Purchase Agreement (CSPA) dengan KVision pada 13 April 2020.

Direktur Bank Maspion, Iis Herijati, mengatakan KVision yang merupakan anak usaha dari Kasikornbank Public Company (KBank) akan mengambil alih saham dengan total 30,01% milik PT Alim Investindo sebesar 602,5 juta saham atau 13,56%, PT Maspion 314,24 juta saham atau 7,07%.

Kemudian saham milik PT Husin Investama 125 juta saham atau 2,81%, PT Maspion Investindo 109,37 juta saham atau 2,46% dan 5 pemegang saham individual sebesar 182,36 juta saham atau 4,11%.

Sebagai informasi, saat ini harga saham BMAS berada di posisi Rp256 per saham. Apabila transaksi tersebut menggunakan harga saham hari ini maka total transaksi akan mencapai sekitar Rp340 miliar.

“Penyelesaian transaksi akan dilakukan setelah seluruh persyaratan yang ada di CSPA telah dipenuhi serta fit and proper pemegang saham disetujui oleh OJK,” ucapnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Iis mengungkapkan masuknya Kvision diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas kepada layanan jasa perbankan perseroan kepada investor-investor asal Thailand yang tengah melaksanakan investasi di Indonesia.

“Dengan adanya KVision kami juga ingin mengembangkan layanan digital banking,” jelasnya.

Baca Juga: SoftBank Dituntut, WeWork: Mereka Pentingkan Kepentingan Pribadi Lewat Pembatalan Tender

Menurutnya, BNP Paribas menjadi satu-satunya penasihat keuangan PT Alim Investindo (Maspoin Group) terkait dengan transaksi jual beli atas saham perseroan kepada KVision.

Sebagai informasi, KVision telah memiliki sebanyak 9,99% saham di Bank Maspion. Dengan adanya transaksi ini, KVision bakal memeluk saham sebanyak 40% saham di Bank Maspion. (war)


Leave a Reply

Your email address will not be published.