October 26, 2020

Pabrik Refinery Beroperasi, Mahkota Group (MGRO) Produksi 3.000 Ton RBDPO

Mahkota Group sendiri sebagai emiten yang bergerak di bidang industri pengolahan kelapa sawit. (Foto : Instagram @mahkotagrouptbk)


Businesstoday.id, Jakarta – PT Mahkota Group Tbk (MGRO) setelah sebelumnya emiten pengelola kelapa sawit yang baru saja melaporkan kinerja tahun 2019 dengan penurunan laba bersih hingga 84,14 persen, Kini telah meresmikan pabrik Refinery baru.

Elvi corporate secretary MGRO dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI Senin (20/4/2020) mengatakan pabrik refinery tersebut telah dibangun sejak akhir tahun 2018 dan berlokasi di Bengkalis, Riau. Saat ini sudah mulai beroperasi, pada tahap awal ini produk yang dihasilkan adalah Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO) , dengan total produksi sampai saat ini telah mencapai 3.000 ton. Dari jumlah tersebut sudah terjadi penjualan sebesar 2.500 ton.

Dengan dukungan ketersediaan bahan baku dari internal dan eksternal, beberapa jenis produk produk turunan lainnya juga akan segera menyusul dihasilkan dari pabrik tersebut. Selain itu kapasitas produksi juga akan ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai kapasitas penuh yakni 1.500 ton per hari.

RBDPO adalah minyak sawit yang telah mengalami proses penyulingan untuk menghilangkan asam lemak bebas serta penjernihan untuk menghilangkan warna dan penghilangan bau.Hal ini menandakan awal dari komitmen PT Mahkota Group Tbk untuk fokus pada sektor hilirisasi yang juga merupakan salah satu sektor strategis yang didukung oleh pemerintah kita. Dengan memperkuat kinerja di sektor hilirisasi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Perseroan.

Mahkota Group sendiri sebagai emiten yang bergerak di bidang industri pengolahan kelapa sawit dan jasa penyewaan tangki timbun (bulking) melalui entitas anak. Saat ini, Perseroan memiliki 5 pabrik kelapa sawit dengan total kapasitas 300 ton per jam, yang mengolah Tandan Buah Segar (TBS) menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel (PK).

Harga saham MGRO pada pembukaan perdagangan pagi ini Selasa (20/4/2020) dibuka dilevel 655 atau terjadi penurunan sebesar 0,76 persen setara 5 poin. (emi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.