December 3, 2020

PAN Setuju Sikap Pemerintah, RUU HIP Tidak Bisa Dilanjutkan Lagi

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. (Foto: dpr.go.id)


Bisnispost.com, Jakarta – Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, menyambut baik adanya permintaan pemerintah yang disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD, yang menyatakan bahawa pemerintah meminta DPR untuk segera menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Ia mengatakan, adanya keputusan tersebut, merupakan sebuah langkah cepat pemerintah yang tanggap dengan adanya isu yang berkembang di tengah masyarakat.

“Fraksi PAN menyambut baik sikap pemerintah yang sangat tanggap dan cepat dalam menyahuti isu yang berkembang di masyarakat,” kata Saleh kepada awak media, Jakarta (16/6/2020).

Anggota DPR Komisi IX itu berpendapat, adanya pertimbangan keputusan pemerintah yang disampaikan Menko Polhukam, Mahfud untuk memberhentikan pembahasan tersebut, yakni didasarkan dengan respon penolakan masyarakat terhadap RUU HIP.

“Menurut saya, pernyataan pak Mahfud itu didasarkan atas respon masyarakat terhadap RUU HIP tersebut. Sebab, sampai sejauh ini, gelombong kritik dan penolakan sudah terdengar nyaring,” ujarnya.

“Pak Mahfud menyebut pemerintah meminta menunda pembahasan. Itu kan bahasa halus. Sama saja, pemerintah meminta agar pembahasan dihentikan,” tambahnya lagi.

Dengan telah keluarnya pernyataan sikap pemerintah terkait dengan pembahasan RUU HIP, Ia berharap kepada Badan Legislasi (Baleg) untuk memberhentikan pembahasan RUU tersebut. (rad)