October 29, 2020

Pembelian Pangan Online Meningkat, Mentan Minta TTIC Buka Lebih Lama

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (Foto : Instagram @syasinlimpo)


Businesstoday.id, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan animo masyarakat berbelanja online di Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) meningkat. Apalagi, hal itu didorong oleh subsidi ongkos kirim pemesanan melalui aplikasi Gojek.

Diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) menjalin kerja sama dengan Gojek pada awal Maret lalu. Menurut Syahrul, kemitraan strategis tersebut selain menambah pemasukan untuk pengemudi Gojek, juga membantu masyarakat memperoleh bahan pangan murah dan berkualitas.

Kelompok tani yang memproduksi bahan pangan turut terbantu dalam hal penyerapan produknya ke pasar. Melalui pasar TTIC, Kementan berupaya mengamankan pasokan dan distribusi pangan di tengah pandemi COVID-19.

“Perintah Presiden, apapun dilakukan untuk membantu rakyat, dan pada posisi itu salah satu upaya kita adalah melalui pasar mitra tani ini,” kata Syahrul dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (8/4/2020).

Dengan adanya peningkatan permintaan bahan pangan di Pasar Mitra Tani, Syahrul mengharapkan agar jam operasional pasar ditambah 1-2 jam untuk mengakomodir lebih banyak kebutuhan pangan masyarakat. Dalam kunjungannya meninjau akitvitas di Pasar Mitra Tani, Syahrul juga meminta kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) agar memperluas jaringan pasar mitra tani ke seluruh provinsi.

Merespons permintaan Syahrul, Kepala BKP Agung Hendriadi pun menyatakan kesiapannya. “Kami terus melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pangan di daerah agar melaksanakan kerja sama yang sudah dibangun,” kata Agung. (det) #mediamelawancovid19


Leave a Reply

Your email address will not be published.