October 24, 2020

Pengembangan Pelabuhan Ambon akan Perkuat Konektivitas Wilayah Timur

Pelabuhan Ambon yang merupakan pelabuhan cabang dari Pelindo IV melakukan transformasi, dengan mengembangkan proses bisnis, modernisasi peralatan, pengembangan IT serta penyegaran struktur organisasi.


Businesstoday.id, Jakarta – Pelabuhan Ambon siap dikembangkan untuk memperkuat konektivitas antarpulau di wilayah timur Indonesia. Sejak Desember 2019, Pelabuhan Ambon yang merupakan pelabuhan cabang dari Pelindo IV ini melakukan transformasi, dengan mengembangkan proses bisnis, modernisasi peralatan, pengembangan IT serta penyegaran struktur organisasi.

“Transformasi yang bersifat fundamental terus kami lakukan hingga pertengahan semester 2020. Untuk percepatan pengembangan Pelabuhan Ambon, kami menggandeng PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI),” kata General Manager Pelindo IV Cabang Pelabuhan Ambon,  Ady Sutrisno, di Ambon, Maluku, Senin, (10/2).

Ady menjelaskan, selain pengembangan teknologi informasi dan modernisasi infrastruktur, transformasi mendasar yang dilakukan Pelindo IV adalah dengan mengembangkan SDM, agar mampu menjawab tuntutan layanan kepelabuhanan yang berkembang pesat. Kebutuhan itu terlihat dari meningkatnya kapasitas dan volume pelayaran, termasuk yang melintasi kawasan timur Indonesia.

“Bulan Januari, kami mengirim beberapa staf operasional ke Pelabuhan Pontianak untuk melakukan studi banding dan on job training,” jelasnya.

Menurutnya, proses transformasi yang sudah berjalan telah membuahkan hasil. Produktivitas container handling (bongkar muat peti kemas) jauh meningkat. Salah satunya, kinerja operator crane naik dari 10 boks peti kemas per jam menjadi 25 boks peti kemas per jam.

“Secara fisik, perubahan di dermaga juga terlihat. Terminal peti kemas yang merupakan kawasan terbatas (restricted area) mulai steril, sehingga keamanan dan keselamatan container handling lebih terjamin,” jelas Adi.

Sementara itu, Direktur Utama PT PMLI, Edy Purwanto mengatakan, sebagai lembaga yang fokus pada pelatihan dan konsultan kemaritiman berakreditasi global, pihaknya menyiapkan serangkaian program transformasi di Pelabuhan Ambon. Beberapa program yang sudah berjalan antara lain pengembangan infrastruktur & fasilitas peralatan, serta eksplorasi penerapan digitalisasi layanan kepelabuhanan di terminal peti kemas. (bvi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.