November 25, 2020

Penyegaran Manajemen BUMN, Menteri Erick Rombak Jajaran Direksi PLN

Staf Ahli Kementerian BUMN, Arya Sinulingga. (Foto : Instagram @arya.m.sinulingga)


Bisnispost.com, Jakarta – Terjadi penyegaran di tubuh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran Direksi PT PLN, dengan menggeser beberapa nama pejabat sebelumnya, selain mengubah nomenklatur perusahaan. Perombakan berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-109/MBU-05-2019 tanggal 23 Mei 2019.

“Benar ada penyegaran di PLN. Setelah menetapkan dirut, kemudian kita lihat evaluasi dan minta masukan dari pak dirut, dilakukan perubahan di organisasi. Supaya lebih fokus dan penyegaran orang-orangnya juga,” ujar Staf Ahli Kementerian BUMN Arya Sinulingga kepada pers, di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Dalam nomenklatur baru, tak ada lagi jabatan Direktur Pengadaan Strategis 1 dan 2. Ada juga perampingan direktur bisnis regional, yang semula Sumatra dipisah dengan Kalimantan menjadi Direktur Bisnis Regional Sumatra dan Kalimantan. Begitu juga Direktur Regional Sulawesi dan Kalimantan, berubah menjadi Direktur Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara. Selain perampingan, terdapat satu posisi direksi baru yakni Direktur Mega Project.

Dalam keputusannya Menteri Erick Thohir mengangkat Muhammad Iqbal Nur sebagai Direktur Perencanaan Korporat PLN, Bob Sahril Direktur Niaga dan Pelayanan PLN, Rudy Hendra Prastowo Direktur Energy Primer, dan Ikhsan Asaad sebagai Direktur Mega Project PLN. Syofvi Felienty Roekman menjadi Direktur HR PLN, Waluyo Kusdwiharto Direktur Sumatra dan Kalimantan, Syamsul Huda Direktur Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara.

Berikut susunan lengkap direksi PT PLN (Persero).

Direktur Utama : Zulkifli Zaini

Direktur Human Capital dan Management: Syofvi Felienty

Direktur Bisnis Regional dan Kalimantan: Wiluyo Kusdwiharto

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara: Syamsul Huda

Direktur Perencanaan Korporat: Muhammad Ikbal Nur

Direktur Niaga & Manajemen Pelanggan: Bob Sahril

Direktur Energi Primer: Rudy Hendra Prastowo

Direktur Mega Project: Ikhsan Asaad.

Kita berharap dengan penyegaran, dan perubahan yang diambil pemerintah melalui Menteri BUMN Erick Thohir ini, kinerja PLN bertambah bersinar. Keluhan pelanggan ditanggapi segera, dengan terus menunjukkan kinerja positif. (mit)