October 25, 2020

Politikus PDIP Sebut Jakarta Tak Butuh Lockdown, Alasannya Bilang Begini


Businesstoday.id, Jakarta – Gilbert Simanjuntak, Anggota DPRD Fraksi PDIP, mengatakan saat ini Jakarta membutuhkan kesabaran dan pangan tak butuh lockdown.

“Kondisi saat ini dengan pandemik wabah (global), terlihat tidak satu Negara pun yang siap. Beberapa Negara yang menerapkan kebijakan lockdown ada yang berhasil mengatasi penyebaran sehingga mengurangi kasus,” kata Gilbert, Senin (30/3/2020).

Menurut Gilbert Kondisi di Jakarta hampir seluruh masyarakat dengan sukarela melakukan isolasi mandiri. Gambaran yang lalu lalang di jalan disebabkan terpaksa pulang bekerja. Sedangkan yang masih berkumpul di gang-gang adalah masyarakat yang dengan sosial ekonomi rendah.

“Melihat kondisi sekarang, jelas terlihat masyarakat sebagian besar sudah menimbun pangannya. Yang tidak menimbun adalah mereka yang bekerja sebagai buruh harian, pedagang keliling, pedagang kaki lima, dan kaum difabel/cacat. Mereka ini yang layak dibantu dengan bantuan langsung atau operasi pasar melalui RT. Pangan buat mereka sesuatu yang mendesak untuk dibantu,” tuturnya.

Dia menambahkan, APD petugas medis masih sangat perlu diadakan. Dengan adanya isolasi mandiri ini, hanya butuh kesabaran dan ketenangan dalam 2-3 minggu ke depan karena virus ini tidak dapat hidup di luar manusia lebih dari 24 jam.

“Dengan selesainya inkubasi 14 hari pada pasien isolasi, maka jumlah kasus akan menurun drastis. Walau pun masih harus diwaspadai penyebaran sekunder, dimana perlu dievaluasi bahwa kasus baru tidak ada selama sedikitnya 2 minggu,” pungkasnya. (ini) #mediamelawancovid19


Leave a Reply

Your email address will not be published.