October 20, 2020

Polri Tangani Hampir Tembus 100 Kasus Hoax Corona, Terbanyak di Polda Metro

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen, Argo Yuwono. (Foto: Humas Polri)


Businesstoday.id, Jakarta – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri beserta jajaran reserse di seluruh Polda tengah menangani 96 Kasus hoax terkait Virus Corona (Covid-19). Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Timur menjadi wilayah yang paling banyak menangani kasus hoax tersebut.

“Hingga 21 April 2020 Direktorat Siber Bareskrim Polri bersama Polda jajaran menangani 96 kasus hoaks dengan rincian 3 besar yaitu Polda Metro Jaya dan Polda Jatim masing-masing menangani 12 kasus,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, Selasa (21/4/2020).

Brigjen Argo mengatakan diurutan ketiga, Polda Riau menangani 9 kasus, disusul Polda Jawa Barat dan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dengan 6 kasus serta sisanya ditangani oleh Polda lainnya.

“Polda Riau 9 kasus, Polda Jabar dan Bareskrim masing-masing menangani 6 kasus dan 69 kasus lainnya ditangani oleh Polda jajaran,” ucap Brigjen Argo.

Jenderal bintang satu ini menyampaikan motif para pelaku memproduksi, memposting dan menyebarluaskan hoax karena tiga faktor. Salah satunya karena ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah.

“Motif yang dilakukan oleh para pelaku yaitu iseng, bercanda dan ketidakpuasan terhadap pemerintah,” tuturnya.

Atas perbuatan para pelaku, Polri menjerat dengan Pasal 45 dan 45 A UU ITE dengan ancaman pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 1 M, dan Pasal 14 dan 15 UU No. 1 Tahun 1946 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara serta Pasal 16 UU No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (pol)


Leave a Reply

Your email address will not be published.