November 26, 2020

Presiden Targetkan Pengujian Covid-19 Per Hari Capai 20 Ribu Sampel

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto : Instagram @jokowi)


Bisnispost.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo, mentargetkan pengujian spesimen untuk kasus penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dapat mencapai angka 20 per hari. Melalui berbagai fasilitas laboratorium yang saat ini sudah mampu melakukan pengujian spesimen di atas 10 ribu per harinya.

“Saya harapkan target berikutnya ke depan adalah 20.000 per hari. Ini harus mulai kita rancang menuju ke sana,” kata Presiden Joko Widodo melalui konferensi pers, pada Kamis (4/6/2020).

Menurut dia, ujung tombak dalam melakukan pengendalian penyebaran Covid-19 terletak pada masifnya pengujian spesimen di wilayah terdampak. Dengan melakukan pengujian tersebut akan terlacak klaster penyebaran, sehingga dapat ditangani dengan cepat oleh pemerintah.

“Tolong ini dijadikan perhatian khusus sehingga angka penyebarannya bisa kita tekan lebih turun lagi,” katanya.

Presiden mengusulkan, dalam melakukan pelacakan dapat menggunakan bantuan teknologi modern. Agar, pelacakan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan dapat mencakup banyak wilayah dalam waktu yang relatif cukup sedikit.

“Sekali lagi, Saya minta untuk pelacakan secara agresif, dilakukan lebih agresif lagi dengan menggunakan bantuan sistem teknologi telekomunikasi. Dan bukan dengan cara-cara konvensional lagi,” tuturnya.

Ia mencontohkan, dua negara yag telah berhasil menggunakan pelacakan Covid-19 dengan bantuan teknologi yakni Selandia Baru dan Korea Selatan. Keduanya mampu membuat inovasi pelacakan yang baik sehingga mampu melacak penyebaran virus tersebut secara baik. (inf)