October 20, 2020

Pujian Prabowo untuk Jokowi, Kuncian Pertama untuk Merangkai Panggung Politik

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko widodo. (Foto: Instagram @prabowo)


Businesstoday.id, Jakarta – Langkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji Presiden Jokowi tidak mengherankan. Termasuk, pernyataan Prabowo yang menyebut bahwa semua kebijakan Jokowi berdasarkan kepentingan rakyat.

Menurut analis politik dan kebijakan publik Universitas Islam Syech Yusuf Miftahul Adib, langkah Prabowo dengan memuji Jokowi adalah bagian dari tujuan Ketua Umum Partai Gerindra itu untuk merangkai kembali panggung politiknya pasca bergabung dengan pemerintah.

“Ini langkah kuncian pertama, untuk selanjutnya merangkai panggungnya kembali. Sejak bergabung ke koalisi, Prabowo hampir atau biasa saja dalam panggung politiknya. Hampir malah tak ada panggung,” kata Adib, Kamis (23/4/2020).

Di sisi lain, Adib menambahkan, walaupun saat ini masih sangat prematur berbicara Pilpres 2024, namun dengan pujian Prabowo kepada Jokowi itu setidaknya bisa diartikan Prabowo telah mencoba running, tujuannya untuk meyakinkan pendukung Jokowi.

“Ingat, pendukungnya yang dikenal loyal dan militan seperti PA 212, FPI sudah tak bersama Prabowo lagi. Kini berafiliasi kepada Anies Baswedan. Nah, ini membuat Prabowo harus segera menemukan ritme dukungan,” demikian Adib.

Prabowo Subianto dalam taklimatnya kepada seluruh kader Gerindra yang disampaikan melalui media sosial, Rabu (22/4/2020) mengatakan, selama berada di lingkaran istana, dia mengaku telah melihat kinerja Presiden Joko Widodo dalam memimpin bangsa.

“Sekarang kita (Gerindra) bekerja sama dengan Presiden RI Bapak Joko Widodo. Selama saya menjadi anggota kabinet beliau, saya bersaksi beliau terus berjuang demi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Tak hanya itu, Prabowo juga melihat komitmen Jokowi untuk membersihkan pemerintahan dari perilaku korupsi. Oleh karenanya, sebagai pimpinan tertinggi Gerindra, dia mengaku berterima kasih kepada seluruh pendukungnya yang sudah memberi kepercayaan untuk bergabung ke dalam pemerintahan 2019-2024. (kon)


Leave a Reply

Your email address will not be published.