November 24, 2020

Sangat Berisiko Tinggi Membolehkan Ojol Mengangkut Penumpang Orang

Pengendara ojol mengangkut penumpang orang. (Foto : Instagram @gojekindonesia)


Bisnispost.com, Jakarta – Dengan dalih new normal dan pertimbangan ekonomi jangka pendek, maka Pemprov DKI membolehkan ojol (ojek online) untuk mengangkut penumpang (orang).

Ini sebuah kebijakan yang amat berisiko tinggi, baik untuk dirver ojol dan atau penumpang ojol. Dengan kebijakan ini potensi meningkatnya persebaran Covid-19 di Jakarta akan makin tinggi dan masif. Ingat sejatinya sikon di Jakarta jauh dari rasa aman terkai potensi penularan Covid-19.

Pasalnya hal yang sangat mendasar dalam protokol kesehatan adalah: jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun. Nah, dalam hal ini, ojol tidak bisa memenuhi satu kriteria yang amat mendasar yakni jaga jarak.

Sebaiknya Pemprov DKI memertimbangkan dengan sangat kebijakan tersebut, karena pertaruhannya terhadap keamanan dan keselamatan bagi driver, penumpang bahkan masyarakat luas… adalah sangat besar.

Mari kita di masa PSBB transisi ini tetap konsisten mengendalikan wabah Covid-19. Hal hal yang amat mendasar tidak bisa ditawar, yakni: jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun. Satu aspek saja dilanggar, potensi penularan Covid-19 sangat terbuka lebar.

(Oleh : Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI)