December 6, 2020

Sektor Logistik Harus Kembali Normal Era Kebiasaan Baru

Aktivitas logistik domestik harus kembali normal seperti semula. (Foto : Instagram @sahihartalogistik)


Bisnispost.com, Jakarta – Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Kementerian Perhubungan, Capt. Wisnu Handoko mengemukakan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia memberikan dampak besar terhadap perekonomian baik global maupun nasional.

Namun saat ini kita sudah berada dalam tahapan fase adaptasi kebiasaan baru transportasi laut, di mana aktivitas logistik domestik harus kembali normal seperti semula.

Menurutnya, prinsip pergerakan transportasi laut pada masa Covid-19 antara lain social distancing, menerapkan protokol kesehatan dan melancarkan jalur logistik.

“Yang terpenting adalah bagaimana cara memanfaatkan waktu yang sangat berharga dalam masa Covid-19 ini, termasuk di antaranya menjaga kesehatan tubuh dan memastikan pelayanan transportasi laut tetap berjalan hingga ke depan,” ujar Capt. Wisnu, akhir pekan.

Lebih lanjut Capt. Wisnu memaparkan tentang Bagaimana Bernavigasi di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Mengatur Industri Maritim di Indonesia. Ia menjelaskan tentang regulasi yang telah diterbitkan oleh Kemenhub selama masa pandemi, di antaranya Surat Edaran Nomor SE 12 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Laut dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman dari Pandemi Covid-19.

“Setiap penumpang, operator kapal, operator terminal penumpang maupun Syahbandar memiliki kewajiban dan tanggungjawab yang harus dipenuhi dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini agar tetap aman dari Covid-19,” kata Capt. Wisnu.

Capt. Wisnu menguraikan tentang kesehatan global dan penanganan krisis saat pandemi Covid-19, termasuk skenario dampak ekonomi akibat krisis di dunia dan juga dampak ekonomi di ASEAN.

“Pertumbuhan ekonomi global tahun 2020 diproyeksi terkontraksi. Tingkat ketidakpastian yang tinggi menunjukkan masih adanya risiko downside pada proyeksi,” tuturnya. (inf)