December 5, 2020

Sistem Informasi BLC Jadi Navigasi Cegah Covid-19, kata Presiden

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto : Instagram @jokowi_2019)


Bisnispost.com, Jakarta  – Sistem informasi yang terintegrasi “Bersatu Lawan COVID-19 (BLC)” menjadi rujukan merumuskan kebijakan pemerintah sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di berbagai wilayah tanah air.

“Kita sudah punya yang namanya Bersatu Lawan Covid-19, dan sistem ini menjadi navigasi negara Indonesia dalam memahami perkembangan Covid-19,” ujar Presiden Joko Widodo melalui konferensi pers secara virtual di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (24/6/2020).

Melalui sistem informasi ini, lanjut dia, pemerintah dapat mengetahui perkembangan terkini tentang kondisi penyebaran virus tersebut di berbagai daerah. Berbekal informasi yang valid tersebut, instansi pemerintah terkait akan melakukan serangkaian kajian mendalam dengan melibatkan para ahli ilmu pengetahun.

“Kita bisa mengetahui berapa daerah berubah statusnya hijau menjadi kuning, hijau menjadi oranye, hijau menjadi merah Atau sebaliknya,” kata Presiden.

Informasi yang didapatkan melalui sistem ini akan dikaji secara mendalam oleh para ahli dari berbagai bidang keilmuan yang berkaitan dengan Covid-19. Agar, kebijakan pemerintah yang dihasilkan dapat ampuh menghambat penyebaran virus berbahaya tersebut di masyarakat.

“Kebijakan-kebijakan yang kita lakukan selalu berdasarkan pada data sains, selalu juga meminta saran kepada para saintis, para ahli ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Dia berharap, upaya pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19 dapat mencegah penyebaran virus ini di masyarakat. Dan juga setiap individu dapat secara disiplin melakukan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan di era normal baru. (inf)