October 23, 2020

Stabilisasi Harga Gula, PTIGN Dapat Gelontoran 77 Ribu Ton Raw Sugar

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto. (Foto : Instagram @agusuparmanto)


Businesstoday.id, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengunjungi, PT Industri Gula Nusantara (IGN) di Cepiring, Kendal untuk memastikan distribusi gula dan tindak lanjut dari impor raw sugar yang sudah dilakukan pemerintah. PTIGN sendiri mendapatkan gelontoran 77 ribu ton gula mentah setelah Kemendag menerbitkan izin impor gula kristal mentah atau raw sugar.

“Produksi gula kristal putih di pabrik gula ini mencapai 800 ton setiap hari. Nantinya produksi gula kristal putih dari IGN akan disalurkan dan didistribusikan ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian Jawa Barat,” ujar Mendag Agus Suparmanto, Selasa (7/4/2020).

Sambung dia berharap, dengan ketersediaan gula kristal putih ini, harga dipasaran bisa stabil di angka Rp12.500 per kilogram. “Dan hasil pengecekan disejumlah pasar harga sudah mulai turun dikisaran Rp12.500 perkilogramnya,” imbuhnya.

Dari gelontoran 77 ribu ton Raw Sugar, 20 ribu ton sudah masuk ke gudang dan siap diolah menjadi gula kristal, yang selanjutnya akan menambah pasokan gula di pasaran. Sementara itu Direktur IGN Burhan Murtaki mengatakan, pabriknya mendapat alokasi impor gula mentah untuk mendukung pemerintah dalam melakukan stabilisasi harga gula.

“Dengan raw sugar ini pihaknya bisa mengoptimalkan operasional pabrik tetap berjalan di luar musim giling. Tentunya hal ini akan membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah mengingat pabrik pernah berhenti operasional selama lebih dari 3 tahun karena kesulitan bahan baku,” tegas Burhan. (sin)


Leave a Reply

Your email address will not be published.