October 25, 2020

Tak Perlu Panic Buying ya, Pemerintah dan Bulog Jamin Stok Logistik Aman


Businesstoday.id, Jakarta – Persediaan stok dari sejumlah komoditas pangan dinilai masih dalam kondisi yang aman sehingga masyarakat juga diharapkan tidak melakukan panic buying atau pembelian berbagai barang kebutuhan dalam jumlah yang berlebihan.

“Berdasarkan informasi dari pihak Bulog, persediaan bahan pangan terutama beras, itu aman. Sehingga masyarakat tidak perlu panic buying dalam menghadapi virus Corona ini,” kata Anggota Komisi IV DPR RI, Slamet, dalam rilis, Kamis (26/3/2020).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu juga telah melakukan pemantauan seperti ke Kompleks Pergudangan Bulog di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Slamet mengemukakan agar pemerintah Indonesia dapat benar-benar menjaga ketersediaan bahan pangan secara nasional selama pandemi ini masih berlangsung.

Apalagi, lanjutnya, pada saat ini akan dihadapi sejumlah opsi seperti lockdown atau karantina wilayah, yang berpotensi menimbulkan lonjakan harga pangan.

Untuk itu, ujar dia, pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan harus sudah melakukan kajian guna mengetahui berapa kebutuhan pangan yang dibutuhkan setiap daerah dadan bagaimana cara terbaik dalam mendistribusikannya bila kondisi lockdown ternyata diberlakukan.

Sebelumnya, konsultan jasa finansial Grant Thornton mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan panic buying atau pembelian berlebihan terkait dengan fenomena COVID-19 karena dapat merugikan beragam aspek perekonomian.

“Fenomena panic buying ini dapat menimbulkan kerugian secara keuangan tidak hanya secara personal namun juga secara luas, kami menyarankan untuk menahan diri dan membeli barang dalam jumlah sewajarnya, kita semua berharap virus Corona dapat ditangani dengan baik di Indonesia,” kata Audit & Assurance Partner Grant Thornton Indonesia Alexander Adrianto Tjahyadi. (ant) #mediamelawancovid19


Leave a Reply

Your email address will not be published.