October 22, 2020

Wabah covid-19, Bank Woori Saudara (SDRA) akan Restrukturisasi Kredit UMKM


Businesstoday.id, Jakarta – PT Bank Woori Saudara Indonesia Tbk (SDRA) menyatakan, wabah covid-19 belum menimbulkan dampak terhadap aktivitas keuangan bagi perseroan.

“Namun, kami akan mempertimbangkan langkah-langkah terkait dengan restrukturisasi kredit pada debitur, terutama debitur UMKM yang terdampak covid-19 sesuai dengan peraturan OJK mengenai relaksasi restrukturisasi kredit bagi debitur yang terdampak covid-19 serta dengan selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian bank,” kata Direktur Sadhana Priatmadja dalam keterbukaan informasi BEI, Kamis (26/3/2020).

Ditambahkannya, dalam pertumbuhan kredit, pendapatan bunga dan non bunga bank masih meningkat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Kendati demikian, perseroan telah menerapkan mitigasi resiko mengantisipasi penurunan kinerja keuangan di tengah hantaman wabah terhadap perekonomian domestik dan global. Adapun mitigasi yang dilakukan antara lain:

1. Mitigasi risiko kredit mencakup penerapan kebijakan yang mendukung stimulus pertumbuhan ekonomi bagi debitur yang terkena dampak atas covid-19 sesuai dengan POJ K No. 11lPO JK.O3 I 2020.

2. Mitigasi risiko operasional yang mencakup pembersihan area lingkungan kerja, penerapan sistem kerja split operations dan work from home bagi beberapa unit bisnis, prosedur penerapan pencegahan yang dilakukan oleh semua unit bisnis untuk melindungi nasabah serta karyawan bank, serta penerapan kebijakan jam layanan operasional bank.

3. Mitigasi risiko likuiditas dan pasar yang mencakup penerapan Contigency Funding Plon dalam pemenuhan rasio likuiditas apabila kondisi bank sudah masuk dalam kondisi tingkat darurat serta penerapannya yang ditujukan bagi nasabah maupun unit kerja terkait.

“Hal lain yang dilakukan sesuai dengan himbauan pemerintah lndonesia dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 terutama di Jakarta, Bank telah menjalankan split operation untuk seluruh unit kerja di kantor pusat guna tetap berjalannya rencana keberlangsung bank. Dan juga menerapkan system work from home bagi karyawan kantor pusat dan cabang,” paparnya. (emi)


Leave a Reply

Your email address will not be published.